//

PENGARUH EKSTRAK DAUN PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) TERHADAP WAKTU PERDARAHAN TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dara Elvia Rahayu Sukma - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
RATS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Dara Elvia Rahayu Sukma Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Judul : Pengaruh Ekstrak Daun Pepaya (Carica papaya L.) Terhadap Waktu Perdarahan Tikus Wistar (Rattus norvegicus). Perdarahan adalah peristiwa keluarnya darah dari sistem peredaran darah karena adanya sobekan (luka) pada pembuluh darah dan merupakan respon normal dalam prosedur pembedahan di bidang kedokteran gigi. Kehilangan darah akibat perdarahan dapat dicegah dengan proses hemostasis dan pemberian obat-obatan. Obat tradisional telah banyak digunakan karena lebih aman dan banyak tersedia. Salah satu alternatif obat tradisional adalah daun pepaya. Ekstrak daun pepaya (Carica papaya L.) yang diperoleh dengan menggunakan metode maserasi memiliki kandungan flavonoid, alkaloid, saponin, polifenol, terpenoid, vitamin A dan C, steroid, enzim papain, dan enzim kimopapain. Kandungan tersebut diduga dapat membantu proses hemostasis dalam menurunkan waktu perdarahan dan diperkuat dengan adanya enzim proteolitik yang ada pada daun pepaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun pepaya (Carica papaya L.) dalam mempersingkat waktu perdarahan pada ekor tikus Wistar (Rattus norvegicus). Sampel pada penelitian ini adalah 10 ekor tikus Wistar yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok kontrol diaplikasikan akuades dan kelompok perlakuan diaplikasikan ekstrak daun pepaya sebanyak 0,32 ml/gram BB pada ujung ekor tikus yang telah dibuat perlukaan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ekstrak daun pepaya (Carica papaya L.) berpengaruh signifikan (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EKSTRAK BUAH PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) TERHADAP DURASI PERDARAHAN TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) (Randa Nisrina, 2015)

PENGARUH EKSTRAK DAUN UBI JALAR (IPOMOEA BATATAS L.) TERHADAP WAKTU PERDARAHAN TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN (DARA AFAZA, 2017)

PENGARUH EKSTRAK DAUN PEPAYA (CARICA PAPAYA LINN) TERHADAP PENYEMBUHAN ULKUS TRAUMATIK MUKOSA ORAL (PENELITIAN PADA TIKUS MODEL) (Gustiyani, 2014)

PENGARUH EKSTRAK DAUN KARI (MURRAYA KOENIGII L.) TERHADAP WAKTU PERDARAHAN TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) (MEUTIA FADHILA, 2020)

FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR (ROSMIANI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy