//

PENGARUH EKSTRAK DAUN CEREMAI (PHYLLANTHUS ACIDUS (L.)SKEELS) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA RNTIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS)RN(PEMERIKSAAN HISTOLOGIS TERHADAP JUMLAH RNFIBROBLAS PADA HARI KE-7)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Astari Chairunnisa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Nama : Astari Chairunnisa Program Studi : Kedokteran Gigi Judul : Pengaruh Ekstrak Daun Ceremai (Phyllanthus acidus (L.) Skeels) terhadap Penyembuhan Luka Tikus Wistar (Rattus norvegicus) (Pemeriksaan Histologis terhadap Jumlah Fibroblas pada Hari Ke-7) Luka adalah terganggunya struktur normal dari suatu struktur tubuh. Saat terjadi luka, tubuh merespon untuk penyembuhan luka. Kolagen diperlukan untuk memperbaiki kerusakan dan meregenerasi jaringan tersebut. Fibroblas adalah sel jaringan ikat yang berperan mensintesis dan mendepositkan kolagen yang diperlukan untuk penyembuhan jaringan. Daun ceremai adalah salah satu tanaman yang digunakan sebagai obat tradisional. Senyawa aktif dalam daun ceremai diketahui dapat membantu penyembuhan luka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun ceremai (Phyllanthus acidus (L.) Skeels) terhadap penyembuhan luka tikus Wistar (Rattus norvegicus) (pemeriksaan histologis terhadap jumlah fibroblas pada hari ke-7). 10 ekor tikus jantan dengan berat 200-300 gram dan usia 8-12 minggu dibagi ke dalam 2 kelompok, kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Perlukaan dibuat pada gingiva bagian labial dengan blade dan scalpel sepanjang 5 mm dengan kedalaman mencapai tulang alveolar. Pada kelompok perlakuan diaplikasikan ekstrak daun ceremai secara topikal 2 kali sehari selama 7 hari. Pada kelompok kontrol diaplikasikan akuades. Selanjutnya diamati secara histologis. Hasil rata-rata jumlah fibroblas pada kelompok kontrol adalah 20,4±1,3. Pada kelompok perlakuan adalah 31,0±3,3. Hasil analisis uji t tidak berpasangan menunjukkan bahwa ekstrak daun ceremai mempengaruhi jumlah fibroblas pada luka gingiva tikus Wistar secara histologis dengan nilai signifikansi yakni 0,001 (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR (ROSMIANI, 2018)

PERBANDINGAN DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN DAN KULIT BATANG CEREMAI (PHYLLANTHUS ACIDUS) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS (ASSYIFA, 2016)

PENGARUH EKSTRAK DAUN ANDONG (CORDYLINE FRUTICOSA) TERHADAP JUMLAH FIBROBLAS GINGIVA TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN SECARA HISTOPATOLOGIS (PADA HARI KE-14) (Henny, 2014)

UJI AKTIVITAS EKTSRAK ETANOL SAUN MALAKA (PHYLLANTHUS EMBLICA) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA BAKAR PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) (RANI OKTARI, 2020)

PENGARUH EKSTRAK DAUN ANDONG (CORDYLINE FRUTICOSA) TERHADAP JUMLAH FIBROBLAS GINGIVA TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN SECARA HISTOPATOLOGIS (PADA HARI KE-7) (Dwi Cahyani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy