PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNDTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP N 1 PULO ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNDTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP N 1 PULO ACEH


Pengarang

Fatimah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806103030073

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning(CTL), Hasil Belajar

Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. (2) Mengetahui aktifitas guru dan siswa pada proses belajar mengajar. (3) mengetahui kemampuan guru mengelola kelas dalam pembelajaran (4) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 20 orang. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP negeri 1 pulo aceh. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan pengelolaaan pembelajaran dan lembar respon siswa terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penggunaan contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VII SMP Negeri 1 Pulo Aceh. Pada siklus I ketuntasan individual 75% dan ketuntasan klasikal 50%. Pada siklus II ketuntasan siswa secara individual 90% dan ketuntasan klasikal 90%. (2) Aktivitas guru dan siswa dalam penggunaan Contextual Teaching and Learning(CTL)telah meningkatkan aktivitas siswa dalam bekerja sama dalam melakukan diskusi, bekerja sama dalam menyelesaikan lembar kerja siswa dan mempersentasikan hasil diskusi. Hal ini telah mencerminkan bahwa penggunaan Contextual Teaching and Learning lebih terpusat pada siswa. (3) Pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru juga terlihat peningkatan yaitu pada siklus I 2,94 dan siklus II 3,66 (4) Respon siswa setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar fisika dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL) pada mata pelajaran fisika dari 20 orang siswa 95% siswa menyenangi kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning(CTL), dan Contextual Teaching and Learning(CTL) dapat dilaksanakan untuk pembelajaran dimasa yang akan datang.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK