//

PENGARUH DURASI PEREBUSAN RESIN AKRILIK HEAT-CURED TERHADAP KEKUATAN IMPAK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dinda Fadhliana - Personal Name
SubjectDENTURES - DENTISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Resin akrilik heat-cured digunakan secara luas sebagai material basis gigi tiruan. Resin akrilik harus memenuhi persyaratan mekanis dari gigi tiruan, salah satunya adalah kekuatan impak untuk menahan fraktur yang terjadi secara tiba-tiba. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kekuatan impak adalah retak (crazing), penyerapan air, dan monomer sisa. Terjadinya ketiga faktor tersebut dipengaruhi oleh pembentukan rantai polimer yang terjadi selama proses polimerisasi (perebusan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh durasi perebusan resin akrilik heat-cured terhadap kekuatan impak. Dalam penelitian ini resin akrilik direbus dengan durasi waktu yang berbeda yaitu 20 menit, 30 menit, dan 40 menit. Jumlah spesimen yang digunakan sebanyak 15 spesimen yang berbentuk plat dengan ukuran 65 mm x 10 mm x 3 mm. Spesimen terbagi atas 3 kelompok (n=5 spesimen per kelompok). Spesimen yang telah direbus dengan durasi yang berbeda, dilanjutkan dengan pengujian impak metode Charpy. Data hasil uji impak akan dianalisis dengan menggunakan uji satu arah ANOVA dan uji lanjut Post Hoc LSD (least significance difference). Hasil penelitian ini menunjukkan kekuatan impak pada kelompok perebusan resin akrilik selama 20 menit adalah 6,304 kJ/m2, 30 menit adalah 7,432 kJ/m2, dan 40 menit adalah 12,242 kJ/m2. Terdapat perbedaan bermakna antara perebusan 20 menit dan 30 menit dengan perebusan 40 menit (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH DURASI PERENDAMAN RESIN AKRILIK HEAT CURED DALAM EKSTRAK BUAH MAHKOTA DEWA (PHALERIA MACROCARPA) 35 % TERHADAP RNPERUBAHAN DIMENSI (Jamal Wahdi, 2014)

PENGARUH DURASI PERENDAMAN RESIN AKRILIK HEAT CURED DALAM AKUADES TERHADAP PELEPASAN MONOMER SISA (FAZLIYANDA MARIA HARIDHI, 2016)

PENGARUH TEKNIK CURING DENGAN TEKANAN DAN TANPA TEKANAN TERHADAP MONOMER SISA RESIN AKRILIK HEAT CURED (NURACHMI ELIZA, 2016)

PENGARUH DURASI PERENDAMAN RESIN AKRILIK HEAT CURED DALAM PERASAN DAUN SALAM (EUGENIA POLYANTHA W.) 80% TERHADAP PERUBAHAN DIMENSI (Cut Ella Caesari, 2014)

PERBANDINGAN KOLONI CANDIDA SP. DARI KULTUR VOLUME KUMURAN PEMAKAI GIGI TIRUAN SEBAGIAN LEPASAN RESIN AKRILIK HEAT-CURED DAN SELF-CURED (PRATIWI BUNJAMIN, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy