//

KAJIAN KELAYAKAN EKONOMI RNKEGIATAN DAUR ULANG SAMPAH RN(STUDI KASUS : COMPOSTING HOUSE DI GAMPONG ILIE KECAMATAN ULEE KARENG)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAIHAN LUTFIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Kajian Kelayakan Ekonomi Kegiatan Daur Ulang Sampah (Studi Kasus : Composting House di Gampong Ilie Kecamatan Ulee Kareng) Nama : Raihan Lutfia NIM : 1101101010005 Fakultas/Jurusan : Ekonomi/Ekonomi Pembangunan Dosen Pembimbing : Dr. Aliasuddin, S.E., M.Si. Konsentrasi : Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kelayakan ekonomi kegiatan daur ulang sampah di Gampong Ilie Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Model penelitian yang digunakan yaitu analisis manfaat dan biaya yang dihitung menggunakan rumus NPV, IRR dan B/C Ratio. Hasil penelitian data dengan menggunakan metode Net Present Value (NPV) pada tingkat bunga 13 persen per tahun, hasilnya positif Rp. 814.360,- kemudian dengan menggunakan metode Internal Rate of Return (IRR) hasilnya yaitu 35,92 persen, selanjutnya dengan menggunakan Benefit Cost Ratio (B/C Ratio) hasilnya 1,45 persen. Ini menunjukkan bahwa kegiatan daur ulang sampah sangat layak secara ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan agar pemerintah maupun masyarakat lebih mengembangkan kegiatan ini agar sampah di Kota Banda Aceh dapat diatasi secara efektif dan efisien. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya agar mengestimasi manfaat daur ulang sampah dalam jangka waktu yang lebih panjang dan menghitung kelayakan dari kegiatan daur ulang dengan metode lainnya. Kata Kunci : Daur Ulang, Benefit Cost Analysis, Komposting.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH 3R (REDUCE, REUSE DAN RECYCLE)DI GAMPONG ILIE KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (Nazaruddin, 2016)

KONTAMINASI BAKTERI COLIFORM PADA AIR MINUM ISI ULANG DI DESA ILIE KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (Muhammad Iqbal Pratama Sekedang, 2014)

PRODUKSI DAUR ULANG SAMPAH NUSA CREATION COMMUNITY DI GAMPONG NUSA KECAMATAN LHOKNGA ACEH BESAR (Dwi Irsyanda, 2016)

ESTIMASI EMISI KARBON DARI SAMPAH PERMUKIMAN DENGAN METODE IPCC (INTERGOVERNMENTAL PANEL ON CLIMATE CHANGE) DI KECAMATAN ULEE KARENG, BANDA ACEH (Dedi Sofriadi, 2015)

ANALISIS PENDAPATAN USAHA HOME INDUSTRI DAUR ULANG BUMI HIJAU DI GAMPONG EMPEROM KECAMATAN JAYA BARU KOTA BANDA ACEH (NUR AZIZAH, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy