//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X MAN 1 KUTA BARO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Bilhusna Mutia - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Model pembelajaran, kooperatif tipe Giving Question and Getting Answers (GQGA) Giving Question and Getting Answers (GQGA) merupakan kemampuan untuk melatih siswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan. Guru menyediakan dua kartu yaitu kartu yang bertuliskan kartu menjawab dan kartu bertanya. Pembelajaran dimulai dengan pertanyaan yang berasal dari guru maupun siswa. Siswa yang ingin bertanya maka harus memberikan kartu bertanya kepada guru dan siswa yang ingin menjawab maka harus memberikan kartu menjawab pertanyaan kepada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar siswa kelas XB dengan penggunan model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answers (GQGA) di MAN 1 Kuta Baro, Aceh Besar. Pendekatan kuantitatif jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XB sebagai eksperimen dengan jumlah siswa 12 orang. Dan kelas XA sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 12 orang di MAN 1 Kuta Baro, Aceh Besar. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan sebagai berikut: penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answers (GQGA) dapat berpengaruh pada prestasi belajar siswa kelas XB di MAN 1 Kuta Baro, Aceh Besar, hal ini dpat dilihat dari prestasi belajar yang diperoleh dengan uji-t. thitung 3.982 ≥ ttabel 2,074. Berarti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answers terdapat pengaruh yang signifikan dengan taraf 0,05 yang Ha di terima dan Ho ditolak. Dari hasil tersebut model pembelajaran kooperatif memberikan pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X MAN 1 Kuta Baro, Aceh Besar. Perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answers lebih tinggi. Dibandingkan dengan pembelajaran kelas kontrol berpusat pada guru.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORRAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA MTSN KUTA BARO KAB. ACEH BESAR (mulyana, 2013)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN 9 BANDA ACEH (, 2013)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRCUIT LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (CUT DEAH PRANSISKA HANIS, 2020)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWARNIPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN AJAR 2014-2015 (NAZIRAH, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KARTU ARISAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN 1 SEULIMUM (Zurriati, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy