//

PERMASALAHAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIARNDAN ALTERNATIF PENYELESAIANNYARNDI MAN 3 BANDA ACEHRNDAN ALTERNATIF PENYELESAIANNYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NOVIYANTI SARAPINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Permasalahan praktikum kimia, alternatif penyelesaian, MAN 3 Banda Aceh. Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Permasalahan Pelaksanaan Praktikum Kimia dan Alternatif Penyelesaiannya di MAN 3 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan mengetahui pendapat siswa, guru dan kepala sekolah tentang permasalahan pelaksanaan praktikum kimia di MAN 3 Banda aceh. Ada 30 siswa dan 5 guru yang menjadi responden yaitu 21 siswa perempuan, 9 siswa laki-laki, 2 guru kimia, 1 kepala laboratorium kimia, 1 staf laboratorium kimia dan 1 kepala sekolah. Pengumpulan data melalui observasi, angket, dan wawancara yang diolah secara deskriptif. Hasil penelitian ditemukan beberapa permasalahan pelaksanaan praktikum kimia di MAN 3 Banda Aceh diantaranya: kriteria kelengkapan fasilitas laboratorium kimia di MAN 3 Banda aceh “Cukup baik” diperoleh 61,53%, siswa menyatakan “Tidak pernah” dilakukan praktikum kimia oleh guru pada materi yang memerlukan praktikum diperoleh jumlah 50%, melalui wawancara berbagai responden mengungkapkan tidak ada laboran yang khusus di bidang laboratorium kimia, guru kimia menyatakan bahan-bahan praktikum di laboratorium kimia “Kurang lengkap” diperoleh sebesar 100%, guru kimia memaparkan “Tidak pernah” mengikuti pelatihan yang berhubungan dengan laboratorium dengan jumlah 100%, dari berbagai responden menyatakan pengawasan kepala sekolah yang kurang maksimal. Alternatif penyelesaian permasalahan pelaksanaan praktikum kimia dilakukan wawancara dengan kepala seksi pendidikan madrasah kota Banda Aceh menyatakan memfasilitasi laboran honorer atau laboran bakti dari UNSYIAH, Tahun 2015 akan segera diadakan pelatihan khususnya mengenai pengelolaan laboratorium untuk guru-guru madrasah dan melengkapi alat dan bahan laboratorium kimia untuk Madrasah Aliyah paling lambat pada bulan Juni serta kepala sekolah lebih mempertegas peraturan dan memperketat pengawasan terhadap guru.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI SISWA TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIKUM FISIKA DI LABORATORIUM SMA NEGEREI SE-KOTA BANDA ACEH (Siska Yuliana, 2017)

ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA SE-KOTA BANDA ACEH (HILDA YUSMARINA, 2020)

FAKTOR PENGHAMBAT PELAKSANAAN PRAKTIKUM DALAM PROSES BELAJAR BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN KUTABARO KABUPATEN ACEH BESAR (Riza Elvira Rosa, 2014)

KENDALA PELAKSANAAN PRAKTIKUM BIOLOGI KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA BANDA ACEH (NUR RAHMAH, 2020)

PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA DASAR II BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI REAKSI REDOKS DAN ELEKTROKIMIA (Nur Masyittah Irmi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy