//
ANALISIS DISTRIBUSI DAN TINGKAT KESULITAN BUTIR SOAL KEBAHASAAN RANAH KOGNITIF MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TAKENGON |
|
![]() |
BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak |
Pengarang | harfiandi - Personal Name |
---|---|
Abstrak/Catatan ABSTRAK Harfiandi. 2014. Analisis Distribusi dan Tingkat Kesulitan Butir Soal Kebahasaan Ranah Kognitif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 1 Takengon. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Pembimbing (1) Prof. Dr. Yusrizal, M.Pd., Pembimbing (2) Prof. Dr. A. Halim Majid, M.Pd. Kata Kunci: analisis, distribusi ranah kognitif, dan tingkat kesulitan ranah kognitif. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan distribusi butir soal kebahasaan ranah kognitif pada ujian semester genap tahun ajaran 2013/2014 mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Takengon dan (2) untuk mendeskripsikan tingkat kesulitan butir soal kebahasaan ranah kognitif pada ujian semester genap tahun ajaran 2013/2014 mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Takengon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) distribusi butir soal kebahasaan ranah kognitif pada ujian semester genap tahun ajaran 2013/2014 mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Takengon terdapat beberapa tingkatan, yaitu butir soal tingkat C1 yang mencapai 54% tergolong tidak seimbang, tingkat C2 yang mencapai 23% tergolong tidak seimbang, tingkat C3 yang mencapai 17% tergolong tidak seimbang, dan tingkat C4 yang mencapai 6% tergolong tidak seimbang dan (2) tingkat kesulitan butir soal kebahasaan ranah kognitif pada ujian semester genap tahun ajaran 2013/2014 mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Takengon terdapat taraf kesulitan, yaitu butir soal kategori mudah yang mencapai 57% tergolong tidak seimbang, kategori sedang yang mencapai 37% tergolong tidak seimbang, dan kategori sulit yang mencapai 6% tergolong tidak seimbang. Dari hasil penelitian, terbukti bahwa (1) distribusi butir soal kebahasaan ranah kognitif tidak seimbang dengan perimbangan proporsi persentase untuk siswa tingkat SMP dan (2) tingkat kesulitan butir soal kebahasaan ranah kognitif juga tidak seimbang dengan proporsi persentase untuk jumlah soal. Jadi, penilaian distribusi dan tingkat kesulitan butir soal kebahasaan ranah kognitif pada ujian semester genap tahun ajaran 2013/2014 mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Takengon masih memerlukan penyesuaian pada masa yang akan datang. | |
Tempat Terbit | |
Literature Searching Service |
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS) |
Share Social Media | |
Tulisan yang Relevan PENGUASAAN KOSAKATA BAKU BAHASA INDONESIARNSISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 TAKENGONRNACEH TENGAH (mulyadi, 2014) |
|
Kembali ke sebelumnya | |