//

PENGARUH CARA BELAJAR TERHADAP PRESTASIRNBELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 TAKENGON

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurhykmah - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
LEARNING ACHIEVEMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Pengaruh-Cara Belajar Siswa-Prestasi Belajar Penelitian yang berjudul: “Pengaruh Cara Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Takengon” ini bertujuan untuk mengetahui gambaran cara belajar siswa dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah sekitar 122 orang. Sedangkan sampel penelitian adalah 40 orang siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh yang rendah antara cara belajar dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Takengon, yang ditetapkan dengan r hitung = 0,292 pada taraf kepercayaan 0,05 dan f tabel 26,5. Perolehan F hitung sebesar 0,0355 pada taraf signifikansi di bawah 0,005. Sedangkan f tabel sebesar 26,5 dengan nilai signifikasi berada di bawah 0,05 yaitu 0,067. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima atau terdapat pengaruh meskipun secara rendah antara cara belajar dengan prestasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perolehan nilai t yaitu 1,82 berada pada taraf signifikan   0,05 dengan dk (derajat kebebasan) = (n-2) = 40-2 sehingga dk  38 dan dari daftar distribusi t diperoleh t-tabel sebesar 1,68. Dari hasil penelitian terlihat bahwa hitung tabel t  t yaitu 1,82 > 1,68 maka terima Ha. Gambaran cara belajar siswa SMA Negeri 1 Takengon yaitu siswa dapat dikatakan telah melakukan cara belajar yang efisien dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Itu dibuktikan dengan umumnya siswa telah melakukan cara belajar yang baik untuk meningkatkan prestasinya. Namun demikian meskipun siswa telah melakukan cara belajar yang baik, tetapi tidak memberikan pengaruh besar terhadap prestasi belajarnya. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan ada faktor lain di luar cara belajar yang mungkin mempengaruhi peningkatan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, diharapkan agar siswa termotivasi dalam belajar atau menemukan cara belajar dan sebaiknya diciptakan suasana yang mendukung, baik itu di sekolah maupun di lingkungan sekitarnya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMAN 5 TAKENGON (LIANA AGUSTINA, 2019)

HUBUNGAN PELAKSANAAN PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) DENGAN PERUBAHAN PRANATA PENDIDIKAN DI KECAMATAN JAGONG JEGET KABUPATEN ACEH TENGAH (Zulia Sukanti, 2017)

PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Novita Sari, 2013)

PENGARUH PARTISIPASI ORANG TUA TERADAP PRESTASI BELAJAR ANAK PADA SMP NEGERI 1 RIKIT GAIB (Hapidah, 2018)

KEMAMPUAN SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 TAKENGON MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DALAM TEKS EDITORIAL (RAHMIDA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy