//

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC) PADA MATERI FUNGSI DI KELAS VIII MTSN RUKOH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Aulia - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Hail Belajar, Penerapan, Pendekatan Scientific, Materi Fungsi Salah satu masalah yang terjadi pada pendidikan saat ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan penelitian pada tanggal 29 september 2014 sampai tanggal 20 0ktober 2014 di MTsn Rukoh, diperoleh informasi bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit dan kurang diminati oleh siswa. Selain itu, hasil belajar matematika siswa juga masih rendah. Hal ini dikarenakan oleh kurang tepatnya penggunaan pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru serta banyak guru yang masih banyak menggunakan metode atau pendekatan yang masih terfokus kepada guru sehingga membuat siswa kurang aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran scientific lebih efektif daripada penerapan pembelajaran yang lain pada materi fungsi dikelas VIII MTsN Rukoh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Rukoh. Sampel yang dipilih adalah dua kelas, yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran melalui pendekatan scientificdan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Adapun materi yang diajarkan adalah fungsi. Dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan pos-test. Berdasarkan perhitungan Gain Score menggunakan uji-t pihak kanan, diperoleh, “Peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik lebih efektif diterapkan pada materi fungsi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional MTsN Rukoh di kelas VIII”.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII MTSN RUKOH BANDA ACEH (Cut Wardatul Aini, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERISTATISTIKADI KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (Rifka Nadia, 2016)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII-6 MTSN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Rahmi Keumalasari, 2016)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERIPERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMPN 18 BANDA ACEH (Irna Handri Mastuti, 2016)

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DI KELAS XI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Tengku Hafinda, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy