//

KORELASI PENGETAHUAN MENGENAI KEBERSIHAN RONGGA MULUT DENGAN TINGKAT ORAL HYGIENE NARAPIDANA DI RUMAH TAHANAN NEGARA KLAS IIB BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nur Atika Dalimunthe - Personal Name
SubjectORAL HYGIENE-DENTISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Nur Atika Dalimunthe Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Korelasi Pengetahuan Mengenai Kebersihan Rongga Mulut dengan Tingkat Oral Hygiene Narapidana di Rumah Tahanan Negara Klas IIB Banda Aceh Oral hygiene merupakan tindakan kebersihan gigi dan mulut yang berperan penting dalam kesehatan gigi dan mulut. Beberapa masalah gigi dan mulut bisa terjadi karena kurangnya menjaga oral hygiene khususnya pada narapidana. Kebanyakan kesehatan gigi dan mulut narapidana rendah karena kurangnya kesadaran serta kurangnya pengetahuan dalam menjaga oral hygiene. Tujuan penelitian untuk melihat korelasi pengetahuan mengenai kebersihan rongga mulut dengan tingkat oral hygiene narapidana di Rumah Tahanan Negara Klas IIB Banda Aceh. Desain penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan subjek dilakukan dengan teknik simple random sampling sebanyak 72 orang narapidana. Penelitian ini dilakukan melalui pemeriksaan klinis dengan menggunakan Oral Hygiene Index-Simplified (OHI-S) serta kuisioner untuk melihat tingkat pengetahuan narapidana kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan narapidana memiliki tingkat pengetahuan baik dengan tingkat oral hygiene baik sebanyak 7 orang (9,7%), tingkat pengetahuan baik dengan tingkat oral hygiene sedang sebanyak 34 orang (47,2%), tingkat pengetahuan baik dengan tingkat oral hygiene buruk sebanyak 16 orang (22,2%). Nilai signifikan yang diperoleh 0,873 yang berarti (p>0,05). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa tidak terdapat korelasi yang bermakna antara pengetahuan mengenai kebersihan rongga mulut dengan tingkat oral hygiene narapidana di Rumah Tahanan Negara Klas IIB Banda Aceh. Kata Kunci : Narapidana, Pengetahuan, Oral Hygiene Index-Simplified (OHI-S)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP INDEKS ORAL HYGIENE PADA SISWA SMPN 1 BANDA ACEH (Savitri, 2015)

GAMBARAN TINGKAT KEBERSIHAN RONGGA MULUT ANAK TUNAGRAHITA DAN PERILAKU ORANG TUA (STUDI PADA YPAC ACEH TAHUN 2018) (MHD IQBAL SUNGKAR, 2019)

TINGKAT PENGETAHUAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA NARAPIDANA DI CABANG RUMAH TAHANAN NEGARA LHOKNGA-ACEH BESAR (Mitra Gustinur Rahmah AP, 2015)

PERBANDINGAN TINDAKAN MENJAGA KEBERSIHAN RONGGA MULUT DAN STATUS ORAL HYGIENE PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DAERAH PERKOTAAN DAN PEDESAAN (STUDI DILAKUKAN PADA MIN MESJID RAYA & MIN DURUNG) (Muhammad Zakky , 2016)

GAMBARAN ORAL HYGIENE ANAK DI SD N 55 KOTA BANDA ACEH (STUDI DILAKUKAN PADA ANAK KELAS 1 DAN 2 SD) (IRMA SURYANI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy