//

ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTES LITERASI MATEMATIKA (KLM) PADA KELAS IX SMPN 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Asmaul Husna - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: representasi matematis, kontes literasi matematika, model matematika Penelitian ini berjudul “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontes Literasi Matematika (KLM) pada Kelas IX SMPN 6 Banda Aceh Tahun Ajaran 2014/2015”. Latar belakang penelitian yaitu masih rendahnya peringkat Indonesia di ajang evaluasi berskala internasional seperti PISA, salah satu penyebabnya adalah banyaknya materi yang diujikan dalam PISA tidak terdapat dalam kurikulum Indonesia, sehingga untuk menyosialisasikan soal-soal PISA diadakan evaluasi matematika berskala nasional yaitu Kontes Literasi Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal Kontes Literasi Matematika (KLM) tahun 2013 pada kelas IX SMPN 6 Banda Aceh tahun ajaran 2014/ 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui tes tulis dan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif terhadap hasil tes tulis dan wawancara siswa yang mengacu pada pedoman penilaian kemampuan representasi matematis siswa. Kriteria pemilihan subjek penelitian adalah keunikan jawaban siswa pada saat tes tulis dan kesediaan siswa untuk diwawancarai. Materi yang diujikan mencakup perubahan dan hubungan, kuantitas, serta ruang dan bentuk. Penyelesaian masalah pada Kontes Literasi Matematika dalam bentuk gambar, model matematika, tabel atau kata-kata. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal Kontes Literasi Matematika pada seleksi tingkat Rayon tahun 2013 termasuk rendah. Dari hasil tes terhadap 4 konteks yang diambil dari soal KLM 2013 untuk mengukur kemampuan representasi matematis siswa yaitu candi Borobudur, tarif taksi, hasil pertandingan sepak bola dan calung menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa paling lemah pada konteks calung. Kendala yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal-soal tersebut adalah kesulitan siswa dalam menemukan kata kunci dan memahami informasi dalam soal, ketidakmampuan siswa mengaitkan informasi dengan konsep matematika yang sesuai, lemahnya kemampuan siswa dalam membuat model matematika dan kurangnya ketelitian dalam melakukan perhitungan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTSN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Rifki Maqfirah, 2017)

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH (Rahmah, 2015)

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI MTSN 4 BANDA ACEH (NURUL FITRI, 2019)

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LINGKARAN DENGAN KONTEKS KEPRAMUKAAN DI SMPN 8 BANDA ACEH (SUAIBATUL ASLAMIAH, 2019)

PROFIL KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTES LITERASI MATEMATIKA TAHUN 2019 (AMELIA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy