//

PENERAPAN DESAIN PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS BRAIN-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKANRNHASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1RNSMA NEGERI 1 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ROZA SILVIA - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
METHODS OF STUDY
BRAIN-BASED LEARNING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Katakunci: desain pembelajaran, geografi, brain based learning, hasil belajar. Mata pelajaran geografi sering dianggap sebagai mata pelajaran yang tidak menarik oleh sebagian siswa. Masalah yang dialami oleh sebagian besar siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Banda Aceh dalam pembelajaran adalah rendahnya nilai pada mata pelajaran geografi. Brain based learning adalah pembelajaran yang diselaraskan dengan cara otak yang didesain secara alamiah untuk belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah dapat meningkatkan hasil belajar siswa?, bagaimana keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran? bagaimana aktivitas guru dan siswa?, dan bagaimana respon siswa terhadap penerapan desain pembelajaran geografi berbasis brain based learning?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas guru dan siswa, serta respon siswa terhadap penerapan desain pembelajaran geografi berbasis brain based learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri1 Banda Aceh yang terdiri dari 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes (pre-test dan pos-test) untuk hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Persentase ketuntasan secara individual meningkat, pada siklus I terdapat 19 siswa yang tuntas secara individual, pada siklus II terdapat 24 siswa yang tuntas secara individual dari 26 siswa. Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 62,5% pada siklus I menjadi 87,5% pada siklus ke II; (2) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari sedang (2,56) menjadi baik (3,42); (3) Aktitas guru dan siswa meningkat menjadi sesuai dengan persentase waktu ideal; dan (4) Respon siswa terhadap penerapan desain pembelajaran geografi berbasis brain based learning adalah 92,3% dari 26 siswa menjawab dapat memperjelas pemahaman terhadap materi yang dipelajari dengan penerapan desain pembelajaran geografi berbasis brain based learning.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING PADA MATERI CAHAYA DAN OPTIK KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Nasriah, 2015)

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (CUT ARDHILLA PUTRI, 2018)

PENGARUH PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI GERAK MELINGKAR KELAS X IA DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Novi Kayati, 2016)

PENERAPAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (RIZKA ULFIA, 2016)

THE USE OF VIDEO-BASED LEARNING FOR THE IMPROVEMENT OF STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT (Riski Agustina, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy