ANALISA DAN PEMETAAN JALUR EVAKUASI TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISA DAN PEMETAAN JALUR EVAKUASI TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS


Pengarang

M Ikhwan Maulana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1008107020024

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

005.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pada tanggal 26 Desember 2004 terjadi gempa dan tsunami di Kota Banda Aceh yang mengakibatkan kerusakan infrastruktur pada wilayah pesisir pantai. Kemudian Rabu 11 April 2012 terjadi gempa yang berkekuatan 8.5 Skala Richter (SR), sehingga warga mengalami kepanikan dan kemacetan saat melakukan evakuasi tsunami. Untuk itu, perlu dilakukan analisa dan pemetaan jalur evakuasi bencana tsunami di Kota Banda Aceh, berdasarkan pemotongan median jalan yang baru pada 10 lokasi di Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode survei dan analisa data spasial dengan cara mengumpulkan citra satelit dan pengolahan citra berbasis sistem informasi geografi. Kemudian dilakukan analisa perbandingan jalur evakuasi bencana tsunami sebelum dan sesudah pemotongan median jalan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jarak tempuh jalur evakuasi tsunami sebelum pemotongan median jalan lebih lama, sedangkan jarak tempuh jalur evakuasi tsunami setelah pemotongan median jalan lebih cepat. Penelitian ini perlu dilakukan analisa lebih lanjut dengan menggunakan teori graph.

Kata kunci: sistem informasi geografis, jalur evakusi, citra satelit, median jalan, Banda Aceh

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK