PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIARNGAMBAR DAN MELALUI MEMBACA TEKS PROSARNSISWA KELAS V SD NEGERI 1 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIARNGAMBAR DAN MELALUI MEMBACA TEKS PROSARNSISWA KELAS V SD NEGERI 1 BANDA ACEH


Pengarang

Nurul fuaida - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006104040113

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.15

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci : Menulis puisi, Media gambar, Media teks prosa

Penelitian ini berjudul “Perbandingan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Gambar Dan Melalui Membaca Teks Prosa Pada Kelas V SD Negeri 1 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menulis puisi melalui media gambar oleh siswa kelas V SD Negeri 1 Banda Aceh, bagaimana kemampuan menulis puisi melalui membaca teks prosa oleh siswa kelas V SD Negeri 1 Banda Aceh, dan apakah ada perbedaan kemampuan siswa dalam menulis puisi melalui media gambar dan melalui membaca teks prosa pada siswa kelas V SD Negeri 1 Banda Aceh. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis puisi melalui media gambar, untuk mengetahui kemampuan menulis puisi melalui membaca teks prosa dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis puisi melalui media gambar dan melalui membaca teks prosa pada kelas V SD Negeri 1 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Banda Aceh yang berjumlah 60 siswa. Penelitian ini terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas Va 30 siswa yang terdiri dari 13 perempuan dan 17 laki-laki sedangkan pada kelas Vb 30 siswa yang terdiri dari 12 perempuan dan 18 laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus uji-t dua pihak dengan taraf signifikan 0,05 dengan dk = 58, sehingga diperoleh t_hitung = 2,64 dan t_tabel=2,00 (2,64 > 2,00). Maka H_0 ditolak dan? H?_a diterima, sehingga dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi siswa yang menggunakan media gambar lebih baik hasilnya dibandingkan siswa yang menggunakan media teks prosa pada kelas V SD Negeri 1 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK