//

PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIARNGAMBAR DAN MELALUI MEMBACA TEKS PROSARNSISWA KELAS V SD NEGERI 1 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul fuaida - Personal Name
SubjectPOETRY
EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
WRITING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Menulis puisi, Media gambar, Media teks prosa Penelitian ini berjudul “Perbandingan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Gambar Dan Melalui Membaca Teks Prosa Pada Kelas V SD Negeri 1 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menulis puisi melalui media gambar oleh siswa kelas V SD Negeri 1 Banda Aceh, bagaimana kemampuan menulis puisi melalui membaca teks prosa oleh siswa kelas V SD Negeri 1 Banda Aceh, dan apakah ada perbedaan kemampuan siswa dalam menulis puisi melalui media gambar dan melalui membaca teks prosa pada siswa kelas V SD Negeri 1 Banda Aceh. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis puisi melalui media gambar, untuk mengetahui kemampuan menulis puisi melalui membaca teks prosa dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis puisi melalui media gambar dan melalui membaca teks prosa pada kelas V SD Negeri 1 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Banda Aceh yang berjumlah 60 siswa. Penelitian ini terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas Va 30 siswa yang terdiri dari 13 perempuan dan 17 laki-laki sedangkan pada kelas Vb 30 siswa yang terdiri dari 12 perempuan dan 18 laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus uji-t dua pihak dengan taraf signifikan 0,05 dengan dk = 58, sehingga diperoleh t_hitung = 2,64 dan t_tabel=2,00 (2,64 > 2,00). Maka H_0 ditolak dan〖 H〗_a diterima, sehingga dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi siswa yang menggunakan media gambar lebih baik hasilnya dibandingkan siswa yang menggunakan media teks prosa pada kelas V SD Negeri 1 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS V SD NEGERI LAMREUNG ACEH BESAR (Rika Andriani, 2015)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH MENULIS PUISI (novy Anggiani, 2014)

KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA DAN PENGUASAAN STRUKTUR KALIMAT DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MUTIARA (NURUL AIDA FITRI, 2019)

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KARYAWISATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENULIS PUISI KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH (hastuti, 2015)

KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 BANDA ACEH (WILDA AZLINA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy