KETUNTASAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KETUNTASAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Fajriana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806103050055

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci : Hasil belajar, Aktivitas siswa, Student Facilitator and Explaining
(SFAE).
Penelitian berjudul “Ketuntasan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Melalui
Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada Konsep Sistem
Pencernaan Manusia di kelas XI SMA Negeri 1 Peukan Bada Kabupaten Aceh
Besar”. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 15-22 Januari 2013. Penelitian
ini bertujuan mengetahui ketuntasan hasil belajar dan aktivitas siswa pada konsep
sistem pencernaan manusia dengan menggunakan model pembelajaran Student
Facilitator and Explaining di SMA Negeri 1 Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IA1 dengan jumlah 29 siswa. Jenis
penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua
siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Pengolahan data
untuk ketuntasan hasil belajar menggunakan analisis statistik deskriptif dalam bentuk
perhitungan persentase. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 65,51%, dan
pada siklus II adalah 86,21%. Tingkat aktivitas siswa pada siklus I adalah 2,89 dan
pada siklus II adalah 3,52. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajran Stundent Facilitator and Explaining dapat menuntaskan hasil
belajar dan aktivitas siswa pada konsep sistem pencernaan manusia di kelas XI-IA1

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK