//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATERI GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII MTSN GLUMPANG MINYEUK KABUPATEN PIDIE.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nana Risna - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Perbandingan, hasil belajar Materi Geografi model pembelajaran Examples Non Examples, Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mana yang lebih baik melalui hasil belajar materi Geografi melalui penerapan model kooperatif tipe Examples Non Examples dan Group Investigation pada siswa kelas VIII MTsN Glumpang Minyeuk Kabupaten Pidie. Dalam penelitian ini, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 152 oralah kelas VIII-A dan VIII-B Teknik pengumpulan data digunakan tes, yaitu pretest dan postest. Hasil pretest digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Dari hasil analisis data pretest kedua kelas, yaitu diperoleh nilai F୦୧୲୳୬୥ = 0,24 dan F୲ୟୠୣ୪ = 7,01 dengan dk pembilang 2 – 1 = 1 dan dk penyebut 71 – 2 = 69. Dengan demikian, kemampuan kedua kelas adalah sama. Selanjutnya, H଴ diterima, dikarenakan nilai F୦୧୲୳୬୥ = 0,24 < F୲ୟୠୣ୪ = 7,01. Pada data posttest diperoleh nilai t୦୧୲୳୬୥ = 2,36 dan nilai t୲ୟୠୣ୪ pada taraf signifikan ߙ = 0,05 (uji satu pihak) dengan dk = nଵ + nଶ - 2 = 36 + 35 – 2 = 69 adalah 1,67. Hasil penghitungan menunjukkan bahwa nilai t୦୧୲୳୬୥ = 2,36 dan nilai ttabel = 1,67, karena t୦୧୲୳୬୥ lebih besar dari ttabel maka ܪ଴ ditolak dan ܪ௔ diterima. Yang berarti hasil belajar siswa MTsN Glumpang Minyeuk Kabupaten Pidie pada pelajaran Geografi dengan menggunakan model pembelajaran tipe Examples Non Examples lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar Geografi dengan menggunakan model pembelajaran tipe Group Investigation. Model pembelajaran tipe Examples Non Examples dan Group Investigation bersifat mengajak para siswa untuk berperan dan aktif dalam pembelajaran, dan model ini dapat menjadi salah satu model pembelajaran yang bisa diterapkan oleh guru-guru Geografi di SMP.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATERI DAUR AIR DI KELAS V SDN PEUDAYA PADANG TIJI PIDIE (rahmayanti, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE DEMONSTRATION DENGAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG (Lina Tusyifa, 2019)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DAN PICTURE AND PICTURE PADA KONSEP CAHAYA SISWA KELAS VIII SMP 4 BANDA ACEH (ULFA MAULI HAZIRNI, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN RNKONVENSIONAL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR (SRI RATNA DEWI, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA DI KELAS V SDN 1 TAPAKTUAN (AYU AFRIANA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy