PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATERI GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII MTSN GLUMPANG MINYEUK KABUPATEN PIDIE. | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATERI GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII MTSN GLUMPANG MINYEUK KABUPATEN PIDIE.


Pengarang

Nana Risna - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006101120057

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci : Perbandingan, hasil belajar Materi Geografi model pembelajaran
Examples Non Examples, Group Investigation.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mana yang lebih baik melalui
hasil belajar materi Geografi melalui penerapan model kooperatif tipe Examples
Non Examples dan Group Investigation pada siswa kelas VIII MTsN Glumpang
Minyeuk Kabupaten Pidie. Dalam penelitian ini, populasi penelitian adalah
seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 152 oralah kelas VIII-A dan VIII-B
Teknik pengumpulan data digunakan tes, yaitu pretest dan postest. Hasil pretest
digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Dari hasil analisis data
pretest kedua kelas, yaitu diperoleh nilai F?????? = 0,24 dan F????? = 7,01 dengan
dk pembilang 2 – 1 = 1 dan dk penyebut 71 – 2 = 69. Dengan demikian,
kemampuan kedua kelas adalah sama. Selanjutnya, H? diterima, dikarenakan nilai
F?????? = 0,24 < F????? = 7,01. Pada data posttest diperoleh nilai t?????? = 2,36 dan
nilai t????? pada taraf signifikan ? = 0,05 (uji satu pihak) dengan dk = n? + n? - 2
= 36 + 35 – 2 = 69 adalah 1,67. Hasil penghitungan menunjukkan bahwa nilai
t?????? = 2,36 dan nilai ttabel = 1,67, karena t?????? lebih besar dari ttabel maka ??
ditolak dan ?? diterima. Yang berarti hasil belajar siswa MTsN Glumpang
Minyeuk Kabupaten Pidie pada pelajaran Geografi dengan menggunakan model
pembelajaran tipe Examples Non Examples lebih baik dibandingkan dengan hasil
belajar Geografi dengan menggunakan model pembelajaran tipe Group
Investigation. Model pembelajaran tipe Examples Non Examples dan Group
Investigation bersifat mengajak para siswa untuk berperan dan aktif dalam
pembelajaran, dan model ini dapat menjadi salah satu model pembelajaran yang
bisa diterapkan oleh guru-guru Geografi di SMP.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK