//

KEANEKARAGAMAN DAN KESAMAAN SPESIES BURUNG PADA DUA TIPE HABITAT YANG BERBEDA DI KECAMATAN PADANG TIJI KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Nurjannah - Personal Name
SubjectBIRDS - ZOOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : burung, indeks, keanekaragaman, kesamaan, Padang Tiji Penelitian tentang “Keanekaragaman dan Kesamaan Spesies Burung pada Dua Tipe Habitat yang Berbeda di Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keanekaragaman dan kesamaan spesies burung pada dua tipe habitat yang berbeda di Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie. Penelitian dilakukan di 6 Desa yakni Desa Leuhob Paloh, Desa Pasar Paloh, Desa Trieng Paloh, Desa Kupula Tanjong, Desa Tuha Gogo, dan Desa Aron Bunot dengan luas total wilayah 258.710 km2. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Metode IPA (Index Point Abundance), yaitu dengan cara mengadakan pengamatan dan pencatatan jenis-jenis burung yang terlihat pada titik pengamatan, kemudian bergerak melakukan pencatatan pada titik pengamatan berikutnya. Parameter yang diamati adalah jenis dan keanekaragaman serta kesamaan burung di Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie. Analisis data menggunakan rumus indeks keanekaragaman Shannon-Weaver dan indeks kesamaan Sorensen, dianalisis secara deskriptif, dan ditampilkan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian adalah terdapat 10 famili dari 10 spesies burung dan 2 spesies diantaranya tergolong spesies yang dilindungi. Nilai indeks keanekaragaman (H ̅) jenis burung di pemukiman penduduk dan perkebunan tersebut adalah sebesar 2,1587, hal ini menunjukkan bahwa indeks keanekaragaman (H ̅) jenis burung di pemukiman penduduk dan perkebunan Padang Tiji sedang dengan kriteria bahwa (H ̅=2-3), serta memiliki indeks kesamaan (IS) atau similarity index yang bernilai 1,3333 yang berarti bahwa kesamaan spesies antar kedua habitat memang sama/identik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEANEKARAGAMAN JENIS DAN STATUS KONSERVASI BURUNG DI KECAMATAN GLUMPANG TIGA, KABUPATEN PIDIE (Thrina Junita, 2020)

KEANEKARAGAMAN JENIS-JENIS BURUNG PADA TIPE HABITAT YANG BERBEDA DI KAWASAN DESA ALUS-ALUS KABUPATEN SIMEULUE (Rika Susanti, 2019)

PERBANDINGAN KEANEKARAGAMAN DAN DOMINANSI JENIS BURUNG PADA TIGA EKOSISTEM YANG BERBEDA DI KECAMATAN BANDAR DUA KABUPATEN PIDIE JAYA (NADIA FITRIA, 2016)

KONTRJBUSI PENDAPATAN PEREMPUAN BURUH TANI PISANG TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DIKECAMATAN PADANG TIJI KAB UPATEN PIDIE (Nadya Aiza Hikmah, 2020)

IDENTIFIKASI DAN KEANEKARAGAMAN BURUNG DI HUTAN PINING KABUPATEN GAYO LUES DALAM KAWASAN EKOSISTEM LEUSER (Zurfika Ramayanti, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy