//

UJI LARVASIDA EKSTRAK ETANOL BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM L) TERHADAP LARVA NYAMUK AEDES AEGYPTI INSTAR III

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang muhammad al-kahfi - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
DEUNGUE FEVER
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang dapat menyebabkan kematian, khususnya di kawasan beriklim tropis. Telah dilakukan penelitian sebelumnya terhadap bawang putih (Allium sativum L.) untuk mendapatkan jenis larvasida hayati untuk memberantas larva Aedes aegypti instar III. Bawang putih merupakan tanaman yang memiliki kandungan metabolit skunder yaitu zat Allicin, Garlic oil, dan flavonoid yang bersifat larvasida terhadap larva Aedes aegypti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan konsentrasi LC50 ekstrak etanol bawang putih (Allium sativum L.) terhadap kematian larva Aedes aegypti instar III. Dalam penelitian ini digunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 4 kali ulangan, dengan menggunakan konsentrasi ekstrak bawang putih 250ppm, 500ppm, 1000 ppm, 2000ppm, kontrol positif dan kontrol negatif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Analysis of variance (Anova) dan analisis probit. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberian dari ekstrak etanol bawang putih (Allium sativum L.) dapat menyebabkan kematian larva Aedes aegypti, dengan FHitung sebesar 151,936 (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MINYAK ATSIRI BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM L.) TERHADAP MORTALITAS LARVA NYAMUK AEDES AEGYPTI L. INSTAR III (FAISAL SETIAWAN, 2013)

UJI LARVASIDA EKSTRAK METANOL DAUN ZODIA (EVODIA SUAVEOLEN SCHEFF) TERHADAP LARVA AEDES AEGYPTI INSTAR III (Muhammad Satria, 2015)

UJI LARVASIDA EKSTRAK ETANOL BUNGA TEMBELEKAN (LANTANA CAMARA LINN.) TERHADAP LARVA NYAMUK AEDES AEGYPTI L. INSTAR III (Nuriah, 2015)

UJI LARVASIDA EKSTRAK ETANOL DAUN SIRSAK (ANNONA MURICATA L.) TERHADAP LARVA AEDES AEGYPTI L. (Dina Marselina, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN JARONG (STACHYTARPHETA JAMAICENSIS) TERHADAP KEMATIAN DAN PERILAKU LARVA NYAMUK AEDES AEGYPTI INSTAR III (HARDIYANTI ANHAR, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy