Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWARNKELAS XI IPS MAN 3 BANDA ACEH
Pengarang
RAHMAWATI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006101040004
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata kunci : pembelajaran, reciprocal teaching, hasil belajar, Geografi
Model pembelajaran Reciprocal Teaching adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menerapkan empat strategi pemahaman mandiri, yaitu menyimpulkan bahan ajar, menyusun pertanyaan dan menyelesaikannya, menjelaskan kembali pengetahuan yang diperolehnya, kemudian memprediksikan pertanyaan selanjutnya dari persoalan yang disodorkan kepada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Apakah dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar Geografi; (2) Bagaimanakah keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran (3) Bagaimanakah aktivitas guru dan siswa; dan (4) Bagaimanakah respon siswa terhadap pembelajaran Geografi melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar siswa; (2)Keterampilan guru; (3) aktivitas guru dan siswa; dan (4) Respon siswa terhadap model pembelajaran reciprocal teaching. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-1 MAN 3 Rukoh Banda Aceh yang terdiri dari 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, tes hasil belajar siswa, dan angket respon siswa menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching yang telah dilaksanakan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa(1) Aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran pada siklus II sudah sesuai, aktivitas mencerminkan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching; (2) Keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran reciprocal teaching meningkat dengan katagori baik; (3) Persentase ketuntasan individual terjadi peningkat dari siklus I dari 25 siswa ada 11 siswa yang belum tuntas, siklus II ada 2 siswa yang belum tuntas, persentase ketuntasan klasikal pun meningkat dari 25% hingga 100%; dan (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran reciprocal teaching adalah 96% dari 25 siswa mengatakan dapat memperjelas pemahaman terhadap materi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada biosfer dan persebaran flora dan fauna, dan sumber daya alam dan pemanfaatannya.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWARNKELAS XI IPS MAN 3 BANDA ACEH (RAHMAWATI, 2015)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 3 MAN MODEL BANDA ACEH (Fajar Mailina, 2013)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESETIMBANGAN KIMIA DI KELAS XI SMA NEGERI 12 MODEL BANDA ACEH (Mega Wati, 2019)
STUDENTS’ ACHIEVEMENTS ON THE USE OF RECIPROCAL TEACHING METHOD IN READING COMPREHENSION (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 6 BANDA ACEH) (Putri Ace Riaula Ramadhona, 2015)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (CUT PUTRI REZEKI, 2016)