PENGEMBANGAN MODUL SENYAWA HIDROKARBON PADA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/SEDERAJAT KELAS XI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGEMBANGAN MODUL SENYAWA HIDROKARBON PADA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/SEDERAJAT KELAS XI


Pengarang

Asmaul Husna - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103080026

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa modul senyawa hidrokarbon untuk SMA yang teruji layak untuk dapat digunakan siswa sebagai sumber belajar mandiri pada pembelajaran senyawa hidrokarbon SMA kelas XI semester ganjil. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahap, yakni (1) Analisis (Analysis), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Pengembangan modul dibantu oleh dosen ahli sampai modul valid dan siap diujicobakan. Uji coba dilakukan di SMA N 4 Banda Aceh, SMA N 5 Banda Aceh, dan SMA N 11 Banda Aceh dengan melibatkan 10 orang guru kimia serta 1 orang guru kimia Instruktur Nasional Kurikulum 2013 dan 19 orang siswa yang memberikan tanggapan terhadap modul yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli untuk kualitas modul senyawa hidrokarbon menunjukkan rata-rata skor total 86,4% dengan kategori baik sekali. Hasil uji coba menunjukkan 83.3% guru dan 85.6% siswa memberikan respon positif terhadap modul. Karena materi yang tersajikan lengkap, jelas, dan menarik serta mempermudah dalam belajar senyawa hidrokarbon. Serta angket kesadaran lingkungan siswa kelas XI IA 3 menunjukkan peningkatan dari 61.7% menjadi 84.3%. Karena siswa yang telah membaca modul sudah mulai tumbuh kesadarannya untuk menjaga lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul senyawa hidrokarbon yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Kata Kunci : Modul, senyawa hidrokarbon, kesadaran lingkungan, uji coba

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK