//

Penerapan metode karyawisata untuk mencapai ketuntasan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di Kelas X-6 SMAN 1 Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riska Epitasari - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
EDUCATIONAL MEDIA
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Penelitian berjudul “Penerapan metode karyawisata untuk mencapai ketuntasan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di Kelas X-6 SMAN 1 Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar” telah dilakukan pada tanggal 18-27 Mei 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dengan penerapan metode karya wisata pada materi pencemaran lingkungan di kelas X-6 SMAN 1 Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian ini eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dan teknik analisis data penelitian ini menggunakan rumus persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 1 Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-6 SMAN 1 Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar sebanyak 17 siswa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pada pre-test siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa (11,76%) dan 15 siswa (88,23%) tidak tuntas. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 80 dan nilai terendah adalah 25 dengan nilai rata-rata 45,88. Pada posttest siswa yang tuntas belajarnya mencapai 16 siswa (94,11%) dan 1 siswa (5,88%). Nilai tertinggi yang dicapai siswa adalah sebesar 95 dan nilai terendah yang diperoleh siswa adalah sebesar 40 dan nilai rata-rata siswa 78,23. Kesimpulan diperoleh adalah penerapan metode karyawisata dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TW) PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI KELAS X SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA (Fanilawati, 2016)

PENERAPAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS WEB DIPADUKAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI ACEH BESAR (Della Moliza Karlina, 2020)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DENGAN MEDIA GAMBAR DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA (Nurul Intan, 2018)

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KARYAWISATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENULIS PUISI KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH (hastuti, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA MATERI LAJU REAKSI DI KELAS XI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (NOVITA SARI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy