//

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SUBTEMARNGERAK DAN GAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWARNKELAS IV SDN 16 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurhayati - Personal Name
SubjectMETHODS OF STUDY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Metode Inkuiri, Hasil Belajar, Gerak dan Gaya Penelitian ini berjudul “Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri pada Subtema Gerak dan Gaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 16 Banda Aceh”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap hasil belajar pada subtema gerak dan gaya di kelas IV SDN 16 Banda Aceh?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap hasil belajar pada subtema gerak dan gaya di kelas IV SDN 16 Banda Aceh. Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan metode inkuri terhadap hasil belajar pada subtema gerak dan gaya di kelas IV SDN 16 Banda Aceh dan juga metode inkuiri lebih baik dibanding metode konvensional. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian murni. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 16 Banda Aceh yang berjumlah 61 siswa. Sampel dari penelitian adalah kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes yang berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Setelah data terkumpul, diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah ̅ = 80,97 sedangkan kelas kontrol adalah ̅ =72,32. Dengan taraf signifikan = 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis yakni terima H jika > t . Maka dari hasil data yang telah diolah, diketahui bahwa > = 3,68 > 2,00. Sehingga ditolak, artinya terdapat pengaruh penggunaan metode inkuri terhadap hasil belajar pada subtema gerak dan gaya di kelas IV SDN 16 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

A DESCRIPTIVE STUDY ON TEACHING READING COMPREHENSION AT SMPN 16 BANDA ACEH (Maulizan ZA, 2014)

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SUBTEMARNGERAK DAN GAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWARNKELAS IV SDN 16 BANDA ACEH (Nurhayati, 2015)

ENGLISH TEACHING AT SMPIT NURUL ISHLAH BANDA ACEH (AN EVALUATIVE DESCRIPTIVE STUDY) (Rina Syafitri, 2016)

ANALISIS GAYA MENGAJAR GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR BANDA ACEH (SYAHRIL, 2019)

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy