PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN RNPRAKARYA (SBDP) SE-KECAMATAN BEBESEN RNDI KABUPATEN ACEH TENGAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN RNPRAKARYA (SBDP) SE-KECAMATAN BEBESEN RNDI KABUPATEN ACEH TENGAH


Pengarang

Arjuna Syaputra - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006102030041

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (S1) / PDDIKTI : 88209

Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

707

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci : Pembelajaran, SBDP.
Penelitian ini berjudul “Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (SBDP) Se- Kecamatan Bebesen di Kabupaten Aceh Tengah. Masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana pelaksanaan pembelajaran SBDP di SD Negri Se-Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah, Bagaimanakah hasil pembelajaran SBDP di SD Negeri Se- Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah, Faktor-Faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran di SD Negri Se- Kecamatan Bebesen kabupaten Aceh Tengah. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan pelaksanaan, hasil, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran SBDP di SD Negri Se- Kecamatan Bebesen kapupaten Aceh Tengah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah Kualitatif, sedangkan jenisnya menggunakan Deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru kelas, dan siswa. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Pelaksanaan pembelajaran dan objeknya adalah pembelajaran SBDP. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reduksi Data, Penyajian Data, dan Verifikasi Data. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pelaksanaan pembelajaran SBDP dilakukan melalui tiga tahapan pelaksanaan yaitu pelaksanaan kegiatan awal, inti dan akhir. Hasil pelaksanaan pembelajaran menunjukkan hasil yang baik dengan persentase nilai diatas rata-rata 70. Sedangkan faktor- faktor yang mempengaruhi pembelajaran terdiri faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari guru, siswa, kurikulum serta sarana dan prasarana. Sedangkan faktor eksternal yaitu keluarga, dan lingkungan masyarakat.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK