//

EVALUASI PENGELOLAAN DAN PEMELIHARAAN DRAINASE KOTA BANDA ACEH SECARA TERPADU(STUDI KASUS GAMPONG KEURAMAT DAN GAMPONG LAKSANA,KECAMATAN KUTA ALAM, BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yuswar - Personal Name
SubjectMAINTENANCE
DRAINAGE - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sistem drainase di Kota Banda Aceh, Ibukota Provinsi Aceh, saat ini telah mempunyai sistem drainase, namun kondisi topografi menjadi tantangan dalam perencanaan drainase dimana sebagian besar dari wilayah Kota Banda Aceh mempunyai ketinggian rata-rata +1,00 m di atas permukaan laut. Lokasi yang menjadi penelitian adalah Kecamatan Kuta Alam, studi kasus kawasan gampong Keuramat dan gampong Laksana. Permasalahan pada wilayah kajian adalah:Pengembangan/penggunaan lahan pada kawasan penelitian sudah melebihi daya dukung saluran drainase ditinjau secara visual pada saat musim penghujan; dan, Pengelolaan sistem drainase di kawasan penelitian belum berjalan secara maksimal. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi pengelolaan sistem drainase ditinjau dari beberapa aspek, yaitu aspek teknis kinerja sistem drainase perkotaan; aspek kelembagaan; dan peranserta masyarakat. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat dan analisis bivariat. Variabel yang digunakan yaitu: kinerja kelembagaan, manajemen pembangunan, peran pemerintah daerah dalam mendorong peranserta masyarakat, kondisi dan fungsi operasional drainase dan peranserta masyarakat. Analisis hasil penelitian meliputi analisis saluran dan analisis kuesioner. Hasil penelitian berupa kesimpulan dan saran yaitu kinerja sistem drainase di gampong Keuramat dan gampong Laksana belum berfungsi secara optimal, maka diperlukan redesign dan rehabilitasi saluran dengan cara memperhatikan kedalaman air tanah, elevasi muka air saluran dan elevasi sungai agar kelestarian air tanah dapat terjaga; dan, pengelolaan sistem drainase di kawasan penelitian yang belum maksimal, perlu dilakukan evaluasi pengelolaan drainase dengan manajemen perencanaan, pelaksanaan, pemeliharaan hingga monitoring dan evaluasi dengan melibatkan masyarakat, sehingga tercipta partisipasi dalam memelihara dan mengelola drainase di wilayah tempat tinggalnya. Kata kunci: evaluasi, pengelolaan, pemeliharaan, drainase.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA GAMPONG DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (YOAN OKTARIANA RAS, 2019)

PERENCANAAN EKO-DRAINASE DI KAWASAN GAMPONG KEURAMAT KOTA BANDA ACEH (MUNZIRWAN HABIBI, 2016)

EVALUASI KINERJA SISTEM DRAINASE ZONA 5 KOTA BANDA ACEH (Ari Herfiansyah, 2019)

ANALISIS TINGKAT KELAYAKAN PROSES EVAKUASI TSUNAMI DI KECAMATAN KUTA ALAM (Enny Irmawati Hasan, 2018)

PERSEPSI APARATUR GAMPONG TERHADAP KETERLIBATAN PEREMPUAN DALAM PEMBANGUNANRN(STUDI DI GAMPONG LAMDINGIN KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH) (Dian Rizkanita, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy