//

PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING SECARA BERKELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nila Herita - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
COOPERATIVE LEARNING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Pendekatan Problem Posing Secara Berkelompok, Hasil Belajar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam, dengan permasalahan apakah ada pengaruh pendekatan problem posing secara berkelompok terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan problem posing secara berkelompok terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam. Sedangkan untuk menentukan sampel digunakan teknik random sampling. Sehingga sampel penelitian ini adalah kelas VIII-B yang berjumlah 16 siswa sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII-A yang bejumlah 15 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah metode ekperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yaitu pre-tes dan post-tes. Pengolahan data digunakan uji-t. Hasil ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis (t) yang dilakukan penulis. Dari hasil pengolahan data diperoleh bahwa thitung≥ ttabel dengan nilai thitung = 3,07 dan ttabel = 1,70. Sehingga hasil belajar siswa pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan metode pendekatan problem posing secara berkelompok lebih baik dari pada hasil belajar siswa pada kelas yang tanpa menggunakan metode pendekatan problem posing secara berkelompok. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan problem posing secara berkelompok terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam. Oleh karena itu disarankan agar guru fisika dalam penyampaian materi fisika untuk menggunakan pendekatan problem posing secara berkelompok pada materi yang sesuai dengan pendekatan tersebut dan dapat diterima oleh siswa secara efektif.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII NEGERI 18 BANDA ACEH (Shelly Muslima, 2016)

PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING BERBASIS PERFORMANCE ASSESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Intan Putri, 2016)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM POSING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (AZURA MAWADDAH, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK RNMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI RNPESAWAT SEDERHANA SISWA KELAS VIII-6 RNMTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Nurul Sakdah, 2015)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM (Roliza Yulisa, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy