//

HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Alqinafaizi - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
LEARNING OUTCOMES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: minat, prestasi, belajar Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang dicapai setelah proses kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran akan berjalan lancar apabila ada minat, anak-anak malas, tidak belajar, gagal karena tidak ada minat. Dalam kegiatan belajar, minat mempunyai peranan yang sangat penting. Bila seorang siswa tidak memiliki minat dan perhatian yang besar terhadap objek yang dipelajari maka sulit diharapkan siswa tersebut akan tekun dan memperoleh hasil yang baik dari belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan minat belajar dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran geografi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran geografi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Ingin Jaya yang berjumlah 24 siswa, karena jumlah populasi kurang dari 100 maka seluruh populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik angket dan tes, sedangkan pengolahan data menggunakan rumus korelasi product moment. Dari hasil pengolahan data, “r” hitung lebih besar dari pada “r” tabel pada taraf signifikan 1% (0,523 > 0,515) maupun 5% (0,523 > 0,404. Jadi dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS di SMAN 1 Ingin Jaya Aceh Besar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Mardiana, 2021)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 1 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (IRNA MAULIDAR, 2016)

KORELASI KECENDERUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 TIMANG GAJAH KECAMATAN GAJAH PUTIH KABUPATEN BENER MERIAH (Yurahayana, 2021)

HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMA 5 BANDA ACEH (Hadi Fansuri, 2021)

KORELASI ANTARA MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA KELAS IV DI SD NEGERI 12 BANDA ACEH (cut nurul fakhinah, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy