PERSEPSI SISWA SMA NEGERI 1 BANDA ACEH TERHADAP POTRET UJIAN NASIONAL DALAM FILM SERDADU KUMBANG | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERSEPSI SISWA SMA NEGERI 1 BANDA ACEH TERHADAP POTRET UJIAN NASIONAL DALAM FILM SERDADU KUMBANG


Pengarang

ANGGITA REZKI AMELIA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1010102010029

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Subject
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Penelitian ini berjudul “Persepsi Siswa SMA Negeri 1 Banda Aceh Terhadap Potret Ujian Nasional (UN) dalam Film Serdadu Kumbang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi Siswa SMA Negeri 1 Banda Aceh Terhadap Potret UN setelah menonton Film Serdadu Kumbang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan yang terdapat dalam penelitian ini merupakan delapan orang siswa kelas XII SMA Negeri 1 Banda Aceh dengan tiga orang informan tambahan yang bersumber dari pihak akademisi kota Banda Aceh. Pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive, yaitu dipilih berdasarkan indikator-indikator tertentu. Penelitian ini menggunakan teori Stimulus Organisme Respon (SOR) untuk mengetahui respon para siswa kelas XII SMA Negeri 1 Banda Aceh dalam mempersepsikan potret UN pada Film Serdadu Kumbang. Setelah melakukan wawancara mendalam terhadap delapan orang siswa kelas XII SMA Negeri 1 Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan memiliki persepsi tidak baik terhadap potret UN pada Film Serdadu Kumbang. Informan menyatakan bahwa Film Serdadu Kumbang merupakan film yang mengandung kritik sosial terhadap potret pendidikan yang belum memadai di daerah pedalaman Indonesia. Para siswa mempersepsikan bahwa UN belum bisa diterapkan, jika pendidikan di wilayah pedalaman Indonesia masih terbatas pada sarana, prasarana, jumlah tenaga didik, dan sistem kurikulum belajar, sehingga belum sesuai dengan standar pendidikan nasional.

Kata kunci :Persepsi, Siswa, Ujian Nasional, Film

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK