//

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM RNMENYELESAIKAN SOAL-SOAL PISA DI KELAS VIII SMP NEGERI RNBANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nana Mulya - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: PISA, komunikasi matematis. PISA adalah salah satu evaluasi internasional yang dilaksanakan secara rutin setiap tiga tahun sekali untuk mengevaluasi peserta didik pada usia sekitar 15 tahun. Pelaksanaan PISA yang telah dimulai sejak tahun 2000 menunjukkan bahwa kemampuan anak-anak Indonesia khususnya dalam literasi matematika masih rendah. Dalam literasi matematika PISA, kemampuan komunikasi matematis merupakan faktor yang sangat penting untuk menunjang kemampuan matematika lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal-soal PISA di kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa kelas VIII-2. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian dijaring melalui tes dan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif terhadap hasil tes dan wawancara siswa dengan mengacu pada rubrik penilaian komunikasi matematis. Pemilihan siswa yang diwawancarai berdasarkan kriteria tertentu, yaitu siswa yang mewakili variasi skor untuk setiap konten soal dan siswa yang mengerjakan soal dengan langkah penyelesaian yang unik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten perubahan dan hubungan (change and releationship) berada pada kategori baik, 2) kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten kuantitas (quantity) berada pada kategori baik, 3) kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten ketidakpastian dan data (uncertainty and data) masih berada pada kategori rendah, 4) kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten ruang dan bentuk (space and shape) masih berada pada kategori rendah, 5) terdapat beberapa faktor penghambat siswa dalam menyelesaikan soal- soal komunikasi matematis PISA yaitu: siswa masih sulit memahami informasi dari masalah yang diberikan; tidak mampu mengidentifikasikan konsep dari soal; salah dalam menggunakan konsep; belum mampu membuat model matematika; belum mampu mengaitkan ide ke dalam bentuk gambar; lemah dalam penafsiran gambar; penguasaan materi prasyarat yang masih rendah; dan lemah dalam operasi hitung.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM RNMENYELESAIKAN SOAL-SOAL PISA DI KELAS VIII SMP NEGERI RNBANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/2014 (Nana Mulya, 2015)

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PISA PADA KONTEN SPACE AND SHAPE KELAS IX SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (YUSRINA, 2016)

ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTES LITERASI MATEMATIKA (KLM) PADA KELAS IX SMPN 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 (Asmaul Husna, 2015)

PENGEMBANGAN SOAL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SETARA PISA MENGGUNAKAN KONTEKS RUMAH ADAT ACEH UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (ULIYATUL USNUL, 2019)

MISKONSEPSI SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA (PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT) DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/2014 (Manisha, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy