//

persepsi masyarakat terhadap keberadan pertambangan emas di kecamatan kluet tengah kabupaten aceh selatan

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ayu Risma Putri - Personal Name
SubjectECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Persepsi masyarakat, keberadaan pertambangan emas Penelitian yang berjudul “Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaan Pertambangan Emas di Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan” ini mengangkat masalah bagaimana persepsi masyarakat terhadap keberadaan tambang emas di Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan, dan dampak keberadaan tambang emas terhadap lingkungan di Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap keberadaan tambang emas di Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan dan untuk mengetahui dampak keberadaan pertambangan terhadap kondisi lingkungan di Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang berada di Kecamatan Kluet Tengah, yaitu dua desa terdekat dari lokasi pertambangan yaitu Desa Simpang Dua dan desa Simpang Tiga dengan jumlah KK di kedua desa 396 KK, Desa Simpang Dua berjumlah 207 KK, dan Desa Simpang Tiga berjumlah 189 KK. Dari jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel sebesar 10% yaitu 40 orang masyarakat, dengan sampel laki-laki berjumlah 35 orang dan perempuan 5 orang. Penentuan sampel dipilih dengan cara sampel berstrata (Statified Sampling). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan wawancara mendalam, pengolahan data digunakan statistik sederhana dengan memakai rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap keberadaan tambang emas secara umum dapat menguntungkan masyarakat di Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan,dari segi ekonomi dapat dilihat dengan terbukanya kesempatan kerja sehingga dapat meningkatkan pendapatan. Persepsi masyarakat terhadap dampak negatif dengan adanya tambang emas terjadinya kerusakan jalan, pencemaran sungai, pencemaran udara dan kebersihan lingkungan. Jadi kesimpulan yang dapat diambil dari uraian tersebut, dengan melihat dampak positif dari tambang emas masyarakat mendukung keberadaan tambang emas tersebut tetapi dengan melihat dampak negatif yang disebabkan oleh tambang emas terhadap lingkungan dan sosial masyarakat menolak keberadaan pertambangan emas di Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN PERTAMBANGAN EMAS DI DESA ALUE BARO KECAMATAN MEUKEK KABUPATEN ACEH SELATAN (Rahmatin Syandra U, 2017)

DAMPAK PERTAMBANGAN EMAS TRADISIONAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI GAMPONG MERSAK KECAMATAN KLUET TENGAH KABUPATEN ACEH SELATAN (EDI FARLAN, 2016)

ANALISI EKSTERNALITAS PERTAMBANGAN EMAS DI DESA SIMPANG TIGA KECAMATAN KLUET TENGAH KABUPATEN ACEH SELATAN (ROZA ELISA, 2015)

TANGGAPAN MASYARAKAT TERHADAP KEPALA DAERAH TERPILIH DALAM PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH KABUPATEN ACEH SELATAN TAHUN 2013 (STUDI KASUS DI KECAMATAN KLUET SELATAN) (AGUS ARISMAN HARDI, 2013)

PENETAPAN MAHAR BAGI PEREMPUAN DI DESA KAMPUNG PAYA, KECAMATAN KLUET UTARA, KABUPATEN ACEH SELATAN (RIDA ALFIDA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy