PEMBELAJARAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL MELALUI RNMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD RNDENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DI RNKELAS VII SMP NEGERI 14 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PEMBELAJARAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL MELALUI RNMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD RNDENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DI RNKELAS VII SMP NEGERI 14 BANDA ACEH


Pengarang

Mukhsanati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103020034

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Metode Penemuan Terbimbing,
dan Persamaan Linear Satu Variabel.
Pembelajaran kooperatif merupakan suatu pembelajaran yang
mengutamakan kerja sama antar siswa dalam kelompok-kelompok untuk mencapai
tujuan pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif mempunyai beberapa tipe,
salah satunya yaitu tipe STAD (Student Team Achivement Devision) dimana siswa
ditempatkan dalam tim belajar yang beranggotakan empat atau lima orang. Penelitian
ini mengangkat masalah apakah melalui model kooperatif tipe STAD dengan metode
penemuan terbimbing pada pembelajaran persamaan linear satu variabel siswa dapat
mencapai ketuntasan belajar di kelas VII SMP Negeri 14 Banda Aceh?. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 14
Banda Aceh dalam materi persamaan linear satu variabel melalui model
pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing dapat
mencapai ketuntasan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
SMP Negeri 14 Banda Aceh. Sampel yang dipilih adalah kelas VII2 dengan jumlah
siswa 20 orang sebagai kelas eksperimen. Materi yang diajarkan adalah persamaan
linear satu variabel. Teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar. Selanjutnya
data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-t pihak kanan. Hasil analisis
data dengan pengujian hipotesis pada taraf signifikan ? = 0,05 dan dk = 19
berdistribusi normal. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa melalui
model kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing pada
pembelajaran persamaan linear satu variabel siswa dapat mencapai ketuntasan belajar
di kelas VII SMP Negeri 14 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK