Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTIONRNBERBASIS PERFORMANCE ASSESSMENT SISWA PADA MATERI RNTRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH RNTAHUN AJARAN 2013/2014
Pengarang
dian novita sari - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006103020094
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata Kunci: perfomance assessment, problem based instruction, trigonometri
Hasil pembelajaran tidak hanya diukur dari hasil tes tertulis tetapi adanya suatu
penilaian terhadap performance assessment siswa pada proses belajar mengajar sehingga
terjadi pemaknaan tersendiri terhadap suatu bidang ilmu. Penyebab kurang bermakna
sebuah pembelajaran pada diri siswa karena proses pembelajaran selalu dimulai dari
posisi pilihan guru dan tidak pernah dimulai dari prior knowledge siswa, pembelajaran
tersebut telah memposisikan guru sebagai sosok yang dominan pada proses
pembelajaran dan siswa relatif pasif sehingga interaksi belajar mengajar lebih berpusat
pada guru (teacher centered). Proses tersebut mengakibatkan kinerja siswa pada
pembelajaran kurang terukur. Karena itu, peneliti melakukan penelitian ini untuk
mengetahui bagaimana performance assessment siswa melalui penerapan model
pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada materi trigonometri di kelas X
SMA Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental
dengan design one shot case study. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
deskriptif. Penelitian ini melibatkan kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Banda Aceh yang
terdiri dari 31 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dari performance assessment task
yang meliputi tiga penilaian yaitu penilaian afektif tertuju pada penilaian sikap,
penilaian psikomotorik tertuju pada tugas kinerja kelompok dan proyek selanjutnya
penilaian kognitif tertuju pada tes tertulis. Data tersebut diolah secara deskriptif dengan
menghitung persentase dan rata-rata. Hasil analisis didapat penilaian sikap terjadi
peningkatan dari pertemuan I ke pertemuan II dimana pencapaian rata-rata pada
penilaian sikap pertemuan I mencapai nilai 85,55 selanjutnya penilaian sikap pada
pertemuan II mencapai nilai 90,91 dimana penilaian sikap siswa pada kedua pertemuan
tersebut berada pada kategori baik. Selanjutnya, pencapaian terhadap tugas kinerja
kelompok berada pada kategori baik dengan nilai 83,33. Pada kegiatan proyek
menghitung tinggi benda, juga berada pada kategori baik dengan nilai 85,5. Hasil tes
tertulis memperoleh nilai 80,15 pada kategori baik. Dengan demikian, diperoleh
simpulan bahwa penerapan model PBI pada materi trigonometri dikatakan cukup efektif
untuk mengukur performance assesment siswa.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI MASALAH SOSIAL DI KELAS IV SD NEGERI 46 BANDA ACEH (JULIANA, 2015)
PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN RNSELF ASSESSMENT TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN RNKETERAMPILAN PSIKOMOTORIK PADA KONSEP FOTOSINTESIS DI RNMAN MODEL BANDA ACEH (DEWI SULMA, 2014)
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA DI KELAS V SDN 71 BANDA ACEH (Dedi Yurdani, 2014)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 DARUSSALAM (Cut Eka Parasamya, 2017)
PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING BERBASIS PERFORMANCE ASSESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Intan Putri, 2016)