//

KONSENTRASI HAMBAT MINIMUM (KHM)DAN KONSENTRASI BUNUH MINIMUM (KBM) EKSTRAK JAHE MERAH (ZINGIBER OFFICINALE VAR. RUBRUM) TERHADAP PORPHYROMONAS GINGIVALIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zuraida - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Zuraida Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Konsentrasi Hambat Minimum (KHM) dan Konsentrasi Bunuh Minimum (KBM) Ekstrak Jahe Merah (Zingiber officinale var. rubrum) terhadap Porphyromonas gingivalis Porphyromonas gingivalis merupakan bakteri anaerob obligat Gram negatif yang paling dominan pada periodontitis kronis. Terapi inisial pada periodontitis kronis adalah skeling dan root planing serta didukung dengan terapi penunjang yaitu pemberian antibiotik dan obat kumur. Penggunaan antibiotik dan obat kumur dalam jangka panjang dapat menimbulkan efek samping. Jahe merah (Zingiber officinale var. rubrum) digunakan karena memiliki aktivitas antibakteri dalam menghambat bakteri patogen seperti Porphyromonas gingivalis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui KHM dan KBM ekstrak jahe merah terhadap Phorphyromonas gingivalis yang dikultur pada media P.ging Agar, diinkubasi selama 24 jam pada suhu 37°C dalam suasana anaerob. Kekeruhan bakteri diukur dengan menggunakan spektrofotometer. Uji pengaruh ekstrak jahe merah (Zingiber officinale var. rubrum) terhadap Porphyromonas gingivalis dengan konsentrasi 6,25%, 12,5%, 25%, 50%, dan 100% dilakukan dengan metode dilusi pada media Mueller Hinton Agar (MHA). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pertumbuhan koloni mengalami penurunan pada konsentrasi 6,25% yaitu 4x104 CFU/ml dan pada konsentrasi 25% tidak ditemukan pertumbuhan koloni Pg. Hasil pengukuran dianalisis menggunakan uji Kruskal-Wallis dengan p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POTENSI ANTIBAKTERI EKSTRAK JAHE (ZINGIBER OFFICINALE ROSCOE) TERHADAP PORPHYROMONAS GINGIVALIS SECARA IN VITRO (Ana Farhana, 2015)

UJI AKTIVITAS ANTIJAMUR MINYAK ATSIRI JAHE MERAH (ZINGIBER OFFICINALE ROSCOE VAR. RUBRUM) TERHADAP ISOLAT KLINIS CANDIDA ALBICANS DENGAN METODE DILUSI (Nadira Yasmin, 2016)

KONSENTRASI HAMBAT MINIMUM DAN KONSENTRASI BUNUH MINIMUM PROBIOTIK YOGHURT SUSU SAPI TERHADAP PORPHYROMONAS GINGIVALIS SECARA IN VITRO (MENA ARAFAH PUTRI ALDILA, 2016)

PERUBAHAN LAJU ALIRAN SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH BERKUMUR REBUSAN JAHE MERAH (ZINGIBER OFFICINALE VAR. RUBRUM) PADA MAHASISWA FKG UNSYIAH ANGKATAN 2016 (Niken Yulia, 2017)

KUANTITAS NEUTROFIL AKIBAT APLIKASI EKSTRAK JAHE MERAH (ZINGIBER OFFICINALE VAR RUBRUM) PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) DENGAN PERIODONTITIS KRONIS (Hessyi Amanda Pratiwi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy