//

GAMBARAN SEROSTOMIA PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang anggia geubrina - Personal Name
SubjectDIABETES MELLITUS - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Anggia Geubrina Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Gambaran Serostomia pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di Poliklinik Endokrin RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Serostomia adalah pengalaman subjektif mulut kering yang dapat mengganggu kesehatan rongga mulut serta kenyamanan penderita diabetes melitus tipe 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran serostomia pada penderita diabetes melitus tipe 2 di Poliklinik Endokrin RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling yang melibatkan 107 pasien diabetes melitus tipe 2 yang sedang melakukan pengobatan rawat jalan di Poliklinik Endokrin RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh pada bulan Februari 2015. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuisioner serostomia modifikasi Fox dkk dan Pai dkk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 70 orang (65,4%) dari 107 subjek penelitian mengalami serostomia dengan derajat keparahan yang paling banyak yaitu serostomia sedang (51,4%), diikuti dengan serostomia ringan (28,6%), dan serostomia berat (20,0%). Disimpulkan bahwa penderita diabetes melitus tipe 2 di Poliklinik Endokrin RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh mengalami serostomia sebanyak 65,4% dengan derajat keparahan yang paling banyak yaitu serostomia sedang (51,4%). Kata kunci: serostomia, diabetes melitus tipe 2

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN PH SALIVA PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 TERKONTROL DAN TIDAK TERKONTROL (STUDI PADA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (NELFIA YUNANDA, 2017)

PROFIL RETINOPATI DIABETIK PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD ZAINAL ABIDIN BANDA ACEH (Uzi Mardha Phoenna, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG LATIHAN FISIK DENGAN MOTIVASI MELAKUKAN LATIHAN FISIK PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (zuhri ramadhan, 2015)

HUBUNGAN HIPERGLIKEMIA DENGAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II DI POLI ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ZAINOEL ABIDIN KOTA BANDA ACEH (RASYID ALI NATIO, 2018)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2012 (Nur Azmi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy