HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DENGAN HASIL LOMPAT JAUH PADA SISWA SMK NEGERI 1 BIREUEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DENGAN HASIL LOMPAT JAUH PADA SISWA SMK NEGERI 1 BIREUEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Pengarang

AFRIDA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

110614190179

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci: daya ledak otot tungkai, kemampuan lompat jauh.

Penelitian yang berjudul: “Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai Dengan Hasil Lompat Jauh Pada Siswa SMK Negeri 1 Bireuen Tahun Pelajaran 2014/2015”. Atletik merupakan cabang olahraga yang mendasari cabang olahraga yang lain dan sebut juga sebagai induk dari semua cabang olahraga. Lompat jauh merupakan salah satu nomor yang terdapat dapat dalam olahraga atletik nomor lompat. Untuk menghasilkan lompatan yang maksimal diperlukan kondisi fisik diantaranya power (power) otot tungkai mempunyai peran besar untuk hasil lompatan yang jauh. Penelitian ini bertujuan untuk rnengetahui hubungan daya ledak otot tungkai dengan hasil lompat jauh pada siswa SMK Negeri 1 Bireuen Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian adalah keseluruhan siswa SMK Negeri 1 Bireuen Tahun Pelajaran 2014/2015.yang berjumlah 203 orang, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratifaed random sampling, yakni sampel yang diambil dari setiap yang ada dengan cara tertentu, sebanyak 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik tes daya ledak otot tungkai dan tes kemampuan lompat jauh. Data yang diperoleh dianalisis dengan rumus korelasi sederhana, serta uji statistic (uji t) pada taraf signifikansi 95%. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Nilai rata-rata daya ledak otot tungkai (X) sebesar 1,81 meter dan berada pada kategori “Cukup”, sedangkan kemampuan lompat jauh (Y) sebesar 463,79 meter dan dikatagorikan “Baik”., (2) Hasil perhitungan di atas dapat dijelaskan tentang hasil perhitungan korelasi antara daya ledak otot tungkai (X) terhadap kemampuan lompat jauh (Y) pada siswa SMK Negeri 1 Bireuen Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah sebanyak 0,52. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya. Artinya terdapat daya ledak otot tungkai (X) terhadap kemampuan lompat jauh (Y) pada siswa SMK Negeri 1 Bireuen Tahun Pelajaran 2014/2015, Sehingga dapat dijelaskan bahwa daya ledak otot tungkai mempengaruhi kemampuan lompat jauh pada siswa SMK Negeri 1 Bireuen Tahun Pelajaran 2014/2015.








Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK