PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE DAN KONVENSIONAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE DAN KONVENSIONAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH


Pengarang

Irfan. S - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006101120010

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata kunci: perbandingan, hasil belajar, Complete Sentence, konvensional, IPS Terpadu
Penelitian ini berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Complete Sentence dan Konvensional Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh” ini mengangkat masalah apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Complete Sentence lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Complete Sentence lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Complete Sentence lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Konvensional mata pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 17 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh yang berjumlah 238 siswa. Sampel yang diambil hanya dua kelas, yakni kelas VIII7 sebanyak 25 siswa dan kelas VIII9 sebanyak 25 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan rumus uji-t. Hasil pengolahan diperoleh nilai thitung = 3,41 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dan dk 48 diperoleh sebesar 1,68. Berarti bahwa thitung > ttabel atau 3,41 > 1,68 maka Ha diterima. Artinya hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Complete Sentence lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Konvensional mata pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 17 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK