Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
HUBUNGAN PERSEPSI GURU PAMONG DENGAN NILAI MAHASISWA PPL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAHRN DI SMP SE-KOTA BANDA ACEH
Pengarang
HANISAH - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006101040071
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata kunci: hubungan, persepsi, guru pamong, nilai mahasiswa PPL
Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program untuk meningkatkan mutu dari mahasiswa FKIP. Setiap kegiatan mahasiswa PPL disekolah diamati dan dinilai oleh guru pamong. Hasil observasi awal diketahui nilai mahasiswa PPL pada umumya pada kriteria yang tinggi (A, B+ dan B). Nilai tersebut belum memberikan kontribusi terhadap kemampuan mahasiswa PPL dalam melaksanakan proses pembelajaran karena masih ada mahasiswa PPL yang belum mampu mengelola kelas dengan benar dan belum menguasai materi dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan persepsi guru pamong dengan nilai mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah di SMP Se-Kota Banda Aceh. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan persepsi guru pamong dengan nilai mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah di SMP Se-Kota Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru pamong mahasiswa PPL di SMP Se-kota Banda Aceh, sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu 31 guru pamong yang telah membimbing 41 mahasiswa PPL. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket dan dokumentasi. Teknik pengolahan data penelitian menggunakan rumus korelasi serial. Hasil analisis data menunjukkan nilai korelasi serial 0,591, dan nilai korelasi chotomisasi 0,567, berada pada tingkat hubungan sedang. Hasil penghitungan koefiesien determinasi diperoleh 32,1 persen. Hasil penghitungan signifikansi, diperoleh nilai thitung 4,28 dan nila ttabel 1,697, dengan demikian nilai thitung > nilai ttabel, maka H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi guru pamong dengan nilai mahasiswa PPL Program Studi Geografi FKIP Unsyiah di SMP Se-Kota Banda Aceh.
Tidak Tersedia Deskripsi
PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP KOMPETENSI MENGAJAR MAHASISWA PPL PENDIDIKAN FISIKA DI SMA NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH (SYARIFAH NABILLA YANDIRA, 2018)
PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)TERHADAP GURU PAMONG DI SMP NEGERI DAN SMA NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH (muslizar, 2015)
HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH (ILIANTI, 2016)
PERSEPSI SISWA TERHADAP MAHASISWA PRAKTIKAN PPL BLDANG STUDJ GEOGRAFI FKIP UNSYIAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI SE-ACEH BESAR (Nurul Husna, 2021)
PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR DAN KETERAMPILAN KONSELING MAHASISWA BK DALAM MELAKSANAKAN PPL DI SEKOLAH ( SUATU PENELITIAN PADA GURU PAMONG DI SEKOLAH LATIHAN DALAM KOTA BANDA ACEH) (Khairul Misbah, 2016)