HUBUNGAN PERSEPSI GURU PAMONG DENGAN NILAI MAHASISWA PPL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAHRN DI SMP SE-KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN PERSEPSI GURU PAMONG DENGAN NILAI MAHASISWA PPL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAHRN DI SMP SE-KOTA BANDA ACEH


Pengarang

HANISAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006101040071

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata kunci: hubungan, persepsi, guru pamong, nilai mahasiswa PPL

Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program untuk meningkatkan mutu dari mahasiswa FKIP. Setiap kegiatan mahasiswa PPL disekolah diamati dan dinilai oleh guru pamong. Hasil observasi awal diketahui nilai mahasiswa PPL pada umumya pada kriteria yang tinggi (A, B+ dan B). Nilai tersebut belum memberikan kontribusi terhadap kemampuan mahasiswa PPL dalam melaksanakan proses pembelajaran karena masih ada mahasiswa PPL yang belum mampu mengelola kelas dengan benar dan belum menguasai materi dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan persepsi guru pamong dengan nilai mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah di SMP Se-Kota Banda Aceh. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan persepsi guru pamong dengan nilai mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah di SMP Se-Kota Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru pamong mahasiswa PPL di SMP Se-kota Banda Aceh, sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu 31 guru pamong yang telah membimbing 41 mahasiswa PPL. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket dan dokumentasi. Teknik pengolahan data penelitian menggunakan rumus korelasi serial. Hasil analisis data menunjukkan nilai korelasi serial 0,591, dan nilai korelasi chotomisasi 0,567, berada pada tingkat hubungan sedang. Hasil penghitungan koefiesien determinasi diperoleh 32,1 persen. Hasil penghitungan signifikansi, diperoleh nilai thitung 4,28 dan nila ttabel 1,697, dengan demikian nilai thitung > nilai ttabel, maka H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi guru pamong dengan nilai mahasiswa PPL Program Studi Geografi FKIP Unsyiah di SMP Se-Kota Banda Aceh.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK