//

PENERAPAN PENILAIAN KINERJA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang devi suwarni - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
ASSESSMET TESTS - EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Penilaian kinerja merupakan penilaian yang dilakukan dengan mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan sesuatu, baik dalam bentuk penugasan maupun dalam bentuk unjuk kerja. Apakah penggunaan penerapan penilaian kinerja sebagai strategi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa? Tujuan penelitian ini mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar siswa. (2) Aktifitas guru dan siswa pada proses belajar mengajar. (3) Keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran. Subjek dari penelitian ini adalah penilaian kinerja dengan materi gerak lurus dan objeknya hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh yang berjumlah 23 orang. Data dikumpulkan dari hasil belajar (nilai pretes dan postes), lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan pengelolaaan pembelajaran dan lembar pengamatan rubrik terhadap kegiatan PBM dengan menerapkan penilaian kinerja. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerapkan penilaian kinerja dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik secara individual maupun secara klasikal. Pada siklus I secara individual terdapat 16 siswa yang tuntas dan 7 siswa belum tuntas, secara klasikal 69.6%. Pada siklus II secara individual terdapat 21 siswa yang tuntas dan 2 siswa belum tuntas, secara klasikal 91.3%. Pada siklus III secara individual seluruh siswa tuntas, secara klasikal meningkat dari siklus II dengan 100%. Pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru juga terlihat peningkatan yaitu pada siklus I 3,03 siklus II 3,21 dan siklus III 3,45. Penilaian rubrik pada silus I tahap persiapan 98.6%, tahap kegiatan praktikum 94.6%, tahap kegiatan akhir praktikum 95.7%. pada siklus II tahap persiapan 100%, tahap kegiatan praktikum 96.7%, tahap kegiatan akhir praktikum 95.7%. Pada siklus III tahap persiapan 98.6%, tahap kegiatan praktikum 98.9%, tahap kegiatan akhir praktikum 100%. Dari hasil penelitian juga terlihat bahwa dengan menerapkan penilaian kinerja adanya peningkatan hasil belajar, sehingga dapat diterapkan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Maulidar, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATERI AKTIVITAS EKONOMI DAN SUMBER DAYA ALAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI KELAS IV SD NEGERI 36 BANDA ACEH (Novia Faradilla, 2014)

PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PERBANDINGAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)RNDI KELAS VII SMPN 6 R-SBI BANDA ACEH (OLISNAWATI, 2015)

PELAKSANAAN PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA HIDUP RUKUN DENGAN TEMAN BERMAIN DI KELAS II SDN 14 BANDA ACEH (Rina Melly Suciyati, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LUAR RUANG (OUTDOOR EDUCATION) DENGAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (SUATU PENELITIAN DALAM POKOK BAHASAN "EKOSISTEM, PERAN DAN INTERAKSINYA") (Tahara Dilla Santi, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy