//

ANALISIS STRATEGI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA (PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESMENT) KONTEN UNCERTAINTY AND DATA PADA SISWA KELAS VIII MTsN MODEL BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Risma Zuhra - Personal Name
SubjectSTUDY METHODS
MATHEMATICS - ELEMENTARY EDUCATION - TESTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci :Programme International for Student Assesment (PISA), Uncertainty and Data, strategi penyelesaian masalah. PISA adalah singkatan dari Programme Internasional for Student Assessment yang bertujuan untuk mengetahui seberapa baik siswa dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan matematika yang telah mereka pelajari di sekolah untuk tantangan kehidupan nyata.Uncertainty and Data adalah bagian konten dalam PISA yang berhubungan dengan probabilitas dan data. Berdasarkan penilaian PISA mulai tahun 2003, 2006, 2009 dan 2012, Indonesia selalu menempati rangking bawah.Dalam menentukan strategi pemecahan masalah seharusnya siswa dapat memilih strategi yang sesuai dengan permasalahan untuk membantu siswa menyelesaikan soal dengan cepat dan benar. Penelitian dilakukan untuk mengetahui strategi apa yang digunakan siswa dalam menyelesaikan soal-soal PISA konten Uncertainty and Data. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Model Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan instrumen tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis diberikan kepada 31 siswa sedangkan wawancara dipilih berdasarkan perwakilan dari strategi yang dominan digunakan siswa. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis deskriptif. Dari 11 strategi yang dikemukakan oleh Reys, rata-rata strategi yang digunakan oleh siswa MTSn Model Banda Aceh Kelas VII dalam menyelesaikan soal PISA konten Uncertainty and Data adalah membuat gambar atau diagram (17,20 %), menghitung semua kemungkinan secara sistematis (45,16 %) dan mengidentifikasi hasil (27,96 %) dan dari 31 siswa tersebut terdapat 35,48 % siswa yang sudah mampu menyelesaikan soal PISA dengan baik serta 64,52 % siswa lainnya belum mampu menyelesaikannya dengan baik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI SISWA MENYELESAIKAN SOAL PISA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH (KHALUKA AHSANA FITRI, 2017)

PENGEMBANGAN SOAL MODEL PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT (PISA) DALAM CONTENT UNCERTAINTY AND DATA UNTUK SISWA SMP/MTS (Mursyida Putri, 2016)

STRATEGI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PISA DI KIM HONG SECONDARY SCHOOL, VIETNAM (Hanifah Nurhayati, 2020)

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PISA PADA KONTEN SPACE AND SHAPE KELAS IX SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (YUSRINA, 2016)

IDENTIFIKASI KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT (PISA) KONTEN FISIKA DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (ULFA TURSINA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy