//

PERANAN AGEN DALAM PERJANJIAN ASURANSI PRU LINK ASSURANCE ACCOUNT (SUATU PENELITIAN DI PT. PRUDENTIAL BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Raysa Taufira - Personal Name
SubjectCONTRACTS - LAW
INSURANCE AGENTS
INSURANCE - LAW
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Hukum
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Raysa Taufira PERANAN AGEN DALAM PERJANJIAN 2014 ASURANSIPRU LINK ASSURANCE ACCOUNT (Suatu Penelitian di PT. Prudential Banda Aceh) Fakultas Hukum, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh (v.59) pp., bibl, app. (Indra Kesuma Hadi S.H., M.H) Perusahaan asuransi sangat membutuhkan keterlibatan agen dalam proses pemasaran produk-produknya. Peranan agen dalam perusahaan asuransi adalah sebagai tenaga penjual sekaligus perantara antara perusahaan asuransi dengan nasabah asuransi. Dalam Undang-undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian Pasal 10 menyebutkan bahwa agen asuransi adalah seseorang yang atau badan hukum yang kegiatannya memberikan jasa dalam memasarkan jasa asuransi untuk dan atas nama penanggung. Namun, pada kenyataannya ditemui pula agen yang menyalahgunakan kewenangannya dan melakukan kecurangan. Salah satu produk asuransi PT. Prudential yang dijual melalui perantara agen dan banyak diminati masyarakat yaitu Pru Link Assurance Account, pada tahun 2012 sebanyak 609 orang nasabah, 202 klaim yang diajukan namun terdapat 7 klaim yang ditolak. Pada tahun 2013 terdapat 756 orang nasabah, 109 klaim yang diajukan namun terdapat 5 klaim yang ditolak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran dan tanggung jawab agen asuransi dalam peijanjian keagenan Pru Link Assurance Account di PT. Prudential Banda Aceh dan untuk menjelaskan penyelesaian sengketa antara agen dengan perusahaan asuransi terkait klaim (permasalahan) nasabah Pru Link Assurance Account. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris, yaitu penelitian hukum yang memakai sumber data primer. Dalam penelitian ini data primer diperoleh melalui penelitian lapangan (wawancara). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa agen asuransi memiliki peran penting dalam peijanjian poduk asuransi pada PT. Prudential, yaitu Pru Link Assurance Account. Agen mendampingi nasabah pada saat mengajukan klaim dan membantu nasabah dalam menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Agen hanya memberikan konstribusinya sebagai perantara yang menghubungkan antara nasabah asuransi dengan perusahaan asuransi, jadi agen sama sekali tidak berhak untuk menuntut pembagian uang atas klaim yang telah disalurkan kepada nasabah. Hal ini dikarenakan agen telah mendapatkan haknya setiap kali nasabah membayarkan preminya pada PT. Prudential. Agen diharapkan menyampingkan kepentingan pribadinya dan tidak semata-mata memprioritaskan jumlah komisi yang diterima dari kinerjanya. Tidak hanya agen yang wajib memberi informasi kepada nasabah, tetapi nasabah juga haras mandiri demi menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti dicurangi dan dibohongi. Perusahaan asuransi diharapkan agar tidak mengecewakan nasabah dengan memberi janji-janji semata. Selain itu, perusahaan asuransi diharapkan tidak memperlambat dan memi srsulit proses pengajuan klaim.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGARUH DEPOSIT INSURANCE TERHADAP PENGAMBILAN RISIKO (STUDI PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA) (DEA ALMIRA FADHLI, 2015)

PENENTUAN CADANGAN MANFAAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE RETROSPEKTIF PADA ASURANSI JIWA BERJANGKA (Bachyurah, 2019)

TINJAUAN HUKUM ATAS PEMBATALAN PERJANJIAN ASURANSI KESEHATAN SEPIHAK OLEH PT. PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE BANDA ACEH (HILDA ATIKA PHONNA, 2016)

PENENTUAN CADANGAN PREMI ASURANSI JOINT LIFE DWIGUNA MENGGUNAKAN METODE ZILLMER (Sesda Alindo, 2021)

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK UNIT LINK PT. ASURANSI JIWA MANULIFE UNTUK MENARIK MINAT CALON NASABAH DI KOTA SABANG (Budi Satria, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy