//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGANRNDENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONALRNSISWA SMP NEGERI 8 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Melly - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : hasil belajar, geografi, bertukar pasangan, konvensional Penelitian ini merupakan penelitian perbandingan hasil belajar siswa yang berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Geografi yang Menggunakan Model Pembelajaran Bertukar Pasangan dengan Pembelajaran Konvensional Siswa SMP Negeri 8 Banda Aceh”. Permasalahan yang terdapat di SMP Negeri 8 Banda Aceh adalah siswa memiliki nilai ulangan yang rendah di bawah nilai KKM, siswa tidak memperhatikan guru ketika kegiatan pembelajaran berlangsung, banyak siswa yang malu bertanya kepada guru dan lebih memilih diam atau bertanya kepada temannya, dan guru menggunakan metode pembelajaran yang monoton pada saat mata pelajaran IPS Terpadu terletak di akir jam pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan lebih baik daripada hasil belajar yang menggunakan pembelajaran konvensional siswa SMP Negeri 8 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan lebih baik daripada hasil belajar yang menggunakan pembelajaran konvensional siswa SMP Negeri 8 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh yang berjumlah 173 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan pre-test dan pos-test kepada siswa. Hipotesis diuji dengan menggunakan rumus statistik Uji-t. Berdasarkan hasil penghitungan diperoleh nilai = 2,01. Nilai tersebut selanjutnya dibandingkan dengan nilai pada taraf signifikan (α) = 5% dengan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2, maka diperoleh nilai = 1,67. Berdasarkan hasil ini ternyata nilai t hitung > t tabel yaitu 2,01 > 1,67. Sesuai dengan kriteria pengujian jika t hitung > t tabelmaka H0 ditolak atau Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMAN 5 TAKENGON (LIANA AGUSTINA, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGANRNDENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONALRNSISWA SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Melly, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Mita Prancinitia, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 5 BANDA ACEH (NOVRA RIZKIA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy