//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Anasir Lia Istiadona - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
ROTATING TRIO EXCHANGE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Kooperatif, Rotating Trio Exchange, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Materi pelajaran matematika sulit dikuasai oleh siswa, salah satunya materi sistem persamaan linear dua variabel. Berdasarkan hal ini, guru sebagai ujung tombak dalam proses belajar mengajar hendaknya memilih suatu model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat, menciptakan sikap kerja sama yang baik dan memberikan sikap saling menghargai antar sesama siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain one-shot-case study. Populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh yang terdi dari 9 kelas. Satu kelas lainnya tidak termasuk karena merupakan kelas inti, sampel yang diambil adalah satu kelas yaitu kelas X IPA4 . Teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-t pihak kanan. Hasil analisis data dengan pengujian hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 28 berdistribusi normal. Dari hasil pengolahan data didapat t = 3,2 dan t1-α = 1,70, sehingga t ≥ t1-α, yaitu 3,2 > 1,70 maka hipotesis H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh dapat mencapai taraf berhasil. Saran yang dapat peneliti berikan adalah pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Rotating Trio Exchange dapat dijadikan sebagai alternatif oleh guru dalam pembelajaran matematika sehingga terciptanya suasana kelas yang aktif, kreatif dan kritis. iii

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Asra Wastawa Asha, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN TIPE TARI BAMBU PADA MATARNPELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIIIRNSMP NEGERI 4 BANDA ACEH (SITI ARINI RISANDI, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) PADA MATERI PELUANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 16 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Bustami, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATISDAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIOEXCHANGE (RTE) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (Erna Isfayani, 2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Afrita, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy