//

GAMBAAN GEJALA INSOMNIA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SÝIAH KUALA TAHUN AJAAN 2009

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmat Faradilla - Personal Name
SubjectINSOMNIA - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

Insomnia merupakan kesulitan memulai atau mempertahankan tidur. Pada mahasiswa, insomnia disebabkan oleh beberapa faktor seperti seringkali menghadapi beban tambahan, tekanan dalam kuliah, jadwal yang padat dan aktivitas yang melelahkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran gejala insomnia pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala angkatan 2009. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Total populasi dalam penelitian adalah 243 mahasiswa, setelah memenuhi kriteria eksklusi dan inklusi didapatkan 200 sampel dan diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Alat ukur dalam penelitian ini adalah kuesioner KSPBJ – IRS (Kelompok Studi Psikiatri Biologik Jakarta – Insomnia Rating Scale). Data dianalisa dengan uji univariat. Hasil penelitian didapatkan 22% yang mengalami gejala insomnia. Jenis kelamin perempuan sebesar 72,8%, usia pada umur 22 tahun sebesar 50%, status pekerjaan adalah tidak bekerja sebesar 77,3%, dan asal daerah adalah tinggal di luar Banda Aceh sebesar 86,4%.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN STRES DAN GEJALA INSOMNIA PADA MAHASISWA STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Ullyaty Rachmah, 2016)

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN MENJELANG OBJECTIVE STRUCTURAL CLINICAL EXAM (OSCE) PERTAMA DENGAN GEJALA INSOMNIA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2013 FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (Maulida, 2014)

HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEJADIAN INSOMNIA PADA MAHASISWA PREKLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (ZOUHRAWATY JAMIL, 2019)

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DAN GEJALA INSOMNIA PADA LANSIA DI UPTD RUMOH RNSEJAHTERA GEUNASEH SAYANG BANDA RNACEH DAN UPTD PANTI SOSIAL RNTRESNA WERDHA BELAI KASIH RNKAB. BIREUEN (FAUZIATUL AMRA, 2015)

GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP INSOMNIA PADA MAHASISWA KEPANITERAAN KLINIK SENIOR FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA PADA MAHASISWA KEPANITERAAN KLINIK SENIOR FAKULTAS SYIAH KUALA PERIODE APRIL-MEI 2014 (Rini Pratiwi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy