//

PENGARUH VARIASI TEMPERATUR RESIN KOMPOSIT NANO PARTIKEL KEDOKTERAN GIGI TERHADAP DERAJAT KONVERSI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang EVITA MUTIARA PERON - Personal Name
SubjectDENTAL RESTORATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2010

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Evita Mutiara Peron Program Studi : Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Judul : Pengaruh Variasi Temperatur Resin Komposit Nano Partikel Kedokteran Gigi Terhadap Derajat Konversi Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi derajat konversi material restoratif resin komposit yang diaktivasi cahaya adalah temperatur. Resin komposit nano partikel merupakan jenis komposit terbaru yang telah dikembangkan di bidang kedokteran gigi. Resin komposit jenis ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan jenis komposit lainnya. Telah banyak penelitian yang dilakukan untuk menentukan derajat konversi dari jenis resin komposit, diantaranya hibrida. Namun, untuk jenis resin komposit nano partikel belum banyak yang meneliti mengenai pengaruh temperatur terhadap derajat konversi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi temperatur awal resin komposit nano partikel kedokteran gigi sebelum dipolimerisasi terhadap derajat konversi. Jenis resin komposit yang digunakan adalah Ceram-XTM Duo. Bentuk spesimen adalah silinder dengan diameter 6 mm dan ketebalan 3 mm. Jumlah total spesimen sebanyak 30 spesimen yang terbagi dalam 3 kelompok perlakuan temperatur awal, yaitu 5˚C, 25˚C, dan 60˚C. Tiap kelompok terdiri atas 10 spesimen, yaitu 5 spesimen yang dipolimerisasi dan 5 spesimen lainnya yang tidak dipolimerisasi. Untuk menentukan nilai derajat konversi dari spesimen tersebut digunakan FTIR (Fourier Transform Infrared Spectroscopy) dengan jumlah scan: 45 scan, resolusi: 4 [1/cm], serta daerah bilangan gelombang yang dianalisis: 500-4000 [1/cm]. Data dianalisis secara statistik menggunakan uji one- way ANOVA, yang akan dilanjutkan dengan Tukey Test. Berdasarkan hasil uji statistik pada α = 0,05 temperatur memberikan pengaruh yang signifikan terhadap derajat konversi. Derajat konversi terbesar diperoleh pada temperatur 60˚C, yaitu sebesar 21,38%, jika dibandingkan saat resin komposit didinginkan 5˚C (14,94%), dan pada temperatur ruang 25˚C (7,24%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh variasi temperatur awal resin komposit nano partikel kedokteran gigi sebelum dipolimerisasi terhadap derajat konversi. Kata kunci: Temperatur, derajat konversi, resin komposit nano partikel

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN PERUBAHAN WARNA RESIN KOMPOSIT NANO PARTIKEL SETELAH DIRENDAM DALAM TEH ROSELA DAN TEH HITAM (ELIZA, 2016)

PENGARUH WAKTU PENYINARAN TERHADAP KEKUATAN DIAMETRAL KOMPOSIT NANO PARTIKEL KEDOKTERAN GIGI (SILVIA TRISKAVALENI, 2016)

PENGARUH DURASI PERENDAMAN MINUMAN TEH ROSELA KELOPAK MERAH (HIBISCUS SABDARIFFA) TERHADAP PERUBAHAN WARNA RESIN KOMPOSIT NANO PARTIKEL (Cut Nurul Khairi, 2015)

PENGARUH JENIS LARUTAN OBAT KUMUR TERHADAP PERUBAHAN WARNA RESIN KOMPOSIT NANO PARTIKEL (MUNIR, 2016)

PENGARUH DURASI PENYINARAN TERHADAP KEBOCORAN MIKRO RESTORASI RESIN KOMPOSIT NANO PARTIKEL KEDOKTERAN GIGI (MUTIA SARI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy