//

ANALISIS KANDUNGAN PATI PADA BONGGOL PISANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Widya Sani - Personal Name
SubjectAGRICULTURAL PRODUCTS
BANANAS-HOLTICULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Analisis, pati, bonggol pisang. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kandungan pati pada berbagai varietas bonggol pisang yang berbeda. Tahapan penelitian meliputi pengambilan sampel, pengolahan bonggol pisang, pembuatan kurva standar, dan analisis pati. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 kali ulangan. Sampel terdiri dari lima jenis bonggol pisang, yaitu bonggol pisang kepok, wak, raja, barangan, dan mas. Penentuan kandungan pati dilakukan dengan metode Dinitrosalisilat (DNS). Hasilnya menunjukkan adanya perbedaan kandungan pati pada berbagai varietas bonggol pisang. Kandungan pati tertinggi terdapat pada bonggol pisang mas (67,80%) dan kandungan pati terendah terdapat pada bonggol pisang barangan (59,10%). Berdasarkan hasil uji Analisis Varian (ANAVA) menunjukkan bahwa kandungan pati pada bonggol pisang mas berbeda sangat nyata terhadap kandungan pati bonggol pisang lainnya. Kandungan pati pada bonggol pisang mas berpotensi sebagai bahan baku dalam pembuatan bahan bakar alternatif yaitu bioetanol.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE DARI KITOSAN, PATI BONGGOL PISANG (MUSA PARADISIACA, L), DAN MINYAK JARAK (CASTOR OIL) (Zuhra, 2017)

PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI EKSTRAK BONGGOL PISANG AYAM TERHADAP VIABILITAS BENIH MELON (CUCUMIS MELO L.) PADA SRESS SALINITAS (Hamiyati, 2016)

KARAKTERISASI α-AMILASE ASPERGILLUS SP. ASAL BONGGOL PISANG (Rizka Ananda, 2016)

SINTESIS PLASTIK BIODEGRADABLE DARI PATI BONGGOL PISANG DENGAN PENAMBAHAN NANOPARTIKEL KITOSAN, SORBITOL, DAN MINYAK KAYU MANIS (CINNAMOMUM BURMANNII) SEBAGAI ZAT ANTIOKSIDAN (DEWI OETARY, 2019)

PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE DARI PATI BONGGOL PISANG KEPOK DENGAN PENAMBAHAN CMC (CARBOXY METHYL CELLULOSE) DAN MINYAK SEREH (LEMONGRASS OIL) SEBAGAI ANTIMIKROBA DAN ANTIOKSIDAN (Irmayanti, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy