//

PEMBELAJARAN MATERI STATISTIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS X SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yuiska Kurnia Maifi - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
PROBLEM- BASED LEARNING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, statistika, hasil belajar Pembelajaran berbasis masalah bermaksud untuk memberikan ruang gerak berpikir yang bebas kepada siswa untuk mencari konsep dan penyelesaian masalah yang terkait dengan materi yang diajarkan. Hal tersebut sesuai dengan kurikulum 2013 yang menekankan pada pembelajaran berbasis masalah. Materi statistika dianggap salah satu materi yang susah dipahami siswa, sehingga dalam kurikulum 2013 pemahaman konsep materi statistika ini dipelajari mulai dari kelas X SMA. Berdasarkan hal tersebut maka penulis melakukan penelitian dengan judul “Pembelajaran Materi Statistika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas X SMAN 1 Krueng Barona Jaya Tahun Pelajaran 2013/2014”. Penelitian ini mengangkat masalah apakah hasil belajar siswa dengan model pembelajaran PBL lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada materi statistika kelas X SMAN 1 Krueng Barona Jaya ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih baik atau tidaknya hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi statistika di kelas X SMAN 1 Krueng Barona Jaya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Krueng Barona Jaya dengan sampel penelitian kelas X - 4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas X - 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Penggumpulan data dilakukan dengan teknik tes, yaitu tes awal dan tes akhir. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t satu pihak pada taraf signifikan α = 0,05, dari hasil perhitungan diperoleh t = 0,92 dan t_((1-α)(n1+n2-2)) = 1.71 atau t < t_((1-α)(n1+n2-2)) yaitu 0,92 < 1.71. Dengan demikian Ho diterima, hal ini berarti tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran model PBL dan hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional pada materi statistika kelas X SMAN 1 Krueng Barona Jaya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 5 BANDA ACEH (NOVRA RIZKIA, 2020)

PENGARUH AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI INTEGRAL TAK TENTU FUNSI ALAJABAR DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH (Fitria Rahmita Sari, 2016)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Vira Afrinanda, 2015)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING YANG MENGGUNAKAN SIMULASI PHET DAN TIDAK MENGGUNAKAN SIMULASI PHET PADA KELAS XI SISWA SMAS PLUS MUHAMMADIYAH KOTA SUBULUSSALAM (Devi Raihan, 2021)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERISTIWA ALAM KELAS V SDN 56 BANDA ACEH (raudha hadi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy