//

PERUBAHAN WARNA EMAIL GIGI SETELAH APLIKASI BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBI) DAN KARBAMID PEROKSIDA 10% SEBAGAI BAHAN DENTAL BLEACHING.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT FAUZIAH - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
DENTAL RESTORATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Cut Fauziah Program Studi : Kedokteran Gigi Judul : Perubahan Warna Email Gigi Setelah Aplikasi Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi) dan Karbamid Peroksida 10% sebagai Bahan Dental Bleaching. Gigi yang mengalami perubahan warna dapat dilakukan perawatan dengan dental bleaching. Penggunaan bahan bleaching kimiawi dapat menimbulkan efek samping seperti gigi sensitif dan iritasi gingiva sehingga dilakukan penelitian untuk mencari alternatif bahan dental bleaching alami. Belimbing wuluh mengandung senyawa peroksida dan asam oksalat sehingga diduga dapat memutihkan gigi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan warna email gigi setelah aplikasi belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) dan karbamid peroksida 10% sebagai bahan dental bleaching. Penelitian ini menggunakan gigi premolar post-ekstraksi sebanyak 20 spesimen (10 spesimen kelompok aplikasi belimbing wuluh dan 10 spesimen kelompok aplikasi karbamid peroksida 10%). Setelah dilakukan aplikasi, spesimen disimpan dalam inkubator (T 370C) selama 2 jam, kemudian dicuci dan dimasukkan ke dalam aquades untuk disimpan kembali dalam inkubator (T 370C). perlakuan diulangi selama 14 hari. Perubahan warna diamati oleh 5 orang pengamat dengan menggunakan Shade Guide. Hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Secara kualitatif, terjadi perubahan warna yang bervariasi pada kelompok aplikasi belimbing wuluh yaitu dari warna A3 berubah menjadi C1, A2, D2, B2 dan B1. Pada kelompok aplikasi karbamid peroksida terjadi perubahan warna yang homogen yaitu dari warna A3 berubah menjadi B1. Analisis secara kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji non parametrik Wilcoxon dan Mann-Whitney. Uji Wilcoxon menunjukkan perubahan warna yang signifikan sebelum dan setelah aplikasi belimbing wuluh (p.0,005) dan karbamid peroksida 10% (p.0,004). Uji non parametrik Mann-Whitney menunjukkan perubahan warna yang signifikan setelah diaplikasi belimbing wuluh dan karbamid peroksida 10% (p.0,002). Ada perubahan warna setelah aplikasi belimbing wuluh dan karbamid peroksida 10%, dimana karbamid peroksida 10% memberikan perubahan warna yang lebih besar. Kata Kunci: Belimbing wuluh, karbamid peroksida 10%, dental bleaching.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI EKSTRAK BUAH PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN BLEACHING ALAMI DITINJAU DARI PERUBAHAN WARNA DAN GAMBARAN MIKROSKOPIS PADA EMAIL GIGI (FLORENCIA LISADI, 2017)

PERBANDINGAN EFEKTIFITAS PEMUTIHAN EMAIL GIGI ANTARA PASTA BUAH STROBERI (FRAGARIA SP) DAN APEL (MALUS SP) SEBAGAI BAHAN BLEACHING ALAMI DENGAN KARBAMID PEROKSIDA 10% (Hilya, 2015)

POTENSI ENZIM BROMELAIN DARI EKSTRAK NANAS (ANANAS COMOSUS) SEBAGAI BAHAN BLEACHING DITINJAU DARI PERUBAHAN WARNA DAN STRUKTUR EMAIL GIGI (Ainul Mardiah , 2017)

PENGARUH EKSTRAK BUAH BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBI) TERHADAP INTERAKSI STREPTOCOCCUS SANGUINIS DAN STREPTOCOCCUS MUTANS SECARA IN VITRO (Iga Kumala Sari, 2016)

PERBANDINGAN EFEK ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBI L.) DAN EKSTRAK DAUN SIRIH (PIPER BETLE L.) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (IASA RIZKY AMALIA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy