//

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA SMP NEGERI 6 BANDA ACEH DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nadia Rahayu - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
TYPE JIGSAW AND TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Kata kunci: pengaruh, Jigsaw, STAD, hasil belajar, IPS Terpadu, motivasi Model pembelajaran kooperatif mampu meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa karena siswa menjadi peran utama dalam setiap kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif yang berorientasi pada siswa diantaranya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD. Penelitian dengan judul “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa SMP Negeri 6 Banda Aceh Ditinjau dari Motivasi Siswa” ini mengangkat dua masalah, yaitu apakah hasil belajar IPS Terpadu yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar IPS Terpadu yang menggunakan tipe STAD di SMP Negeri 6 Banda Aceh dan apakah hasil belajar IPS Terpadu siswa yang memiliki motivasi tinggi tidak sama dibandingkan dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang memiliki motivasi rendah di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kedua masalah tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah eksperimen dan jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling dengan jumlah 29 siswa pada kelas VII-2 dan 26 siswa pada kelas VII-3. Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes dan angket. Pengolahan dan analisis data penelitian menggunakan rumus Chi Kuadrat untuk uji normalitas, uji F untuk uji homogenitas varians, serta Uji-t Polled Varians dan Anova Satu Jalan untuk uji hipotesis I dan hipotesis II. Pembuktian hipotesis I diperoleh nilai thitung = 6,47 dan ttabel = 2,02, yang berarti thitung > ttabel maka H0 ditolak, dengan demikian hasil belajar IPS Terpadu siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang menggunakan tipe STAD di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Pembuktian hipotesis II diperoleh Fhitung = 21,7 dan Ftabel = 4,03, yang berarti Fhitung > Ftabel maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS Terpadu siswa yang memiliki motivasi tinggi tidak sama dibandingkan dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang memiliki motivasi rendah di SMP Negeri 6 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN TIPE STAD PADA MATERI JARINGAN HEWAN DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Zakiah Rahmi, 2014)

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH DI KELAS IV SD NEGERI 5 BANDA ACEH (RAHMI, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVENMENT DIVISION DENGAN TIPE GROUP INVESTIGATION PADA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII MTSN 2 ACEH BESAR (Syafawi Jamil Berkat, 2019)

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EKSPONEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION) DI KELAS VII SMP FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH (Dovran Abdyrahmanov, 2014)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATERI ELASTISITAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STUDENT ARCHIEVMENT DIVISION(STAD)SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Nurul Hanifah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy