//

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI KLASIFIKASI HEWAN VERTEBRATA DI KELAS VII-8 SMP NEGERI 1 TAPAKTUAN KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Murlizar - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
LEARNING OUTCOMES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Gambar. Penelitian tentang “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Gambar pada Materi Klasifikasi Hewan Vertebrata di Kelas VII-8 SMP Negeri 1 Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan” telah dilakukan pengumpulan data, mulai tanggal 5 sampai 20 Desember 2013. Tujuan penelitian untuk mengetahui pembelajaran materi klasifikasi hewan vertebrata menggunakan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran biologi dengan menggunakan media gambar di kelas VII-8 SMP Negeri 1 Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-8 yang berjumlah 26 orang, terdiri dari 11 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Metode pengolahan data untuk hasil tes siswa dilakukan dengan mencari ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal, sedangkan untuk hasil observasi dianalisis dengan rumus pesentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VII-8 SMPN 1 Tapaktuan setelah diterapkan media gambar pada materi klasifikasi hewan vertebrata, yaitu pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 69,23% dengan nilai rata-rata sebesar 64,62. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 84,62% dengan nilai rata-rata sebesar 70,77. Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada siklus I dikategorikan baik dan pada siklus II aktivitas guru dikategorikan baik sekali. Aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus I dikategorikan cukup dan pada siklus II dikategorikan baik. Kesimpulan penelitian ini yaitu upaya peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan media gambar pada materi klasifikasi hewan vertebrata di kelas VII-8 SMP Negeri 1 Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan telah berhasil dilakukan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR DI SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (ALZIKRI RAHMATILLAH, 2013)

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA PADA MATERI VERTEBRATA DI KELAS X MAN DARUSSALAM, ACEH BESAR (Slamet Khalid Huda Pase, 2016)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TABEL PERKALIAN PINTAR (TAKALINTAR) TERHADAP HASIL BELJARA SISWA PADA MATERI PERKALIAN BERSUSUN DI KELAS IV SDN 4 TAPAKTUAN ACEH SELATAN (DELTIYA HARINA, 2019)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FENOMENA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 1 BANDA ACEH (ARIS MADHUHA, 2014)

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH. (Ahmad Fauzi, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy