PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 1 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 1 BANDA ACEH


Pengarang

Trya Andayani Mirda - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103030039

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penggunaan model pembelajaran konvensional membuat siswa menjadi pasif sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar fisika siswa. Pembelajaran kooperatif muncul dari konsep bahwa siswa akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep yang sulit jika siswa saling berdiskusi dengan siswa lain. Penelitian yang berjudul ”Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dan Model Student Teams Achievement Divisions terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMP Negeri 1 Banda Aceh”. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan model NHT dan STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan model NHT dan STAD di SMP Negeri 1 Banda Aceh pada materi listrik statis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berupa jenis kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Banda Aceh. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas IX-1 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen-1 dan kelas IX-2 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen-2. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan tes hasil belajar dengan 20 butir soal pada konsep listrik statis. Hasil analisis data menggunakan uji-t, diperoleh hasil skor rata-rata posttest kelas eksperimen-1 lebih baik dibandingkan dengan rata-rata skor posttest kelas eksperimen-2 dengan thitung=8,5 dan ttabel=1,67, sehingga thitung > ttabel pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan model NHT lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model STAD di SMP Negeri 1 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK